PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NEGERI 2 WAY KANAN

Agus, Irfan Rahmadi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NEGERI 2 WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AGUS IRFAN RAHMADI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Negeri 2 Way Kanan Oleh Agus Irfan Rahmadi Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana dalam mewujudkan suasana belajar dalam proses pembelajaran agar peserta didik aktif dalam mengembangkan potensinya yang bertujuan untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia, dan keterampilan yang dibutuhkan individu khalayak umum dan bangsa negara. Salah satu faktor dalam mempengaruhi hasil belajar adalah model pembelajaran yang dipakai guru namun guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional yang mana hanya berfokus pada guru saja sehingga membuat peserta didik menjadi bosan atau jenuh, model ini harus diubah untuk merubah pendidikan saat ini. Peneliti menemukan masalah di MTs Negeri 2 Way Kanan bahwa peserta didik memiliki hasil belajar yang masih rendah pada mata pelajaran fiqih, maka model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dapat dijadikan pilhan dalam menggunakan model pembelajaran untuk mengubah pembelajaran yang diterapkan. Metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran yang menggunakan games sebagai basic dalam melakukan proses pembelajatan yang membuat siswa aktif dalam berinteraksi dan bertanggung jawab atas timnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 2 Way Kanan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 2 Way Kanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian quasy eksperimen design. Populasi pada kelas VIII ini memiliki peserta didik sebanyak 199 peserta didik. Sedangkan yang digunakan sample adalah kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol.teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda, yang sesuia iv dengan indicator. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas. Teknik analisi data yag digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t Independent Sample T Test dengan hsail perhitungan Sig. 0.233 > 0,05 (5%) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 2 Way Kanan. Kata Kunci : Pendidikan, Hasil Belajar, TGT (Teams Games Tournament) v ABSTRACT The Effect of Teams Games Tournament (TGT) Cooperative Learning Model on Student Learning Outcomes in Fiqh Subjects at Mts Negeri 2 Way Kanan By Agus Irfan Rahmadi Education is a conscious and planned effort in realizing a learning atmosphere in the learning process so that students are active in developing their potential which aims to have religious spiritual strength, self-control, personality, noble moral intelligence, and skills needed by individuals, general audiences and nation states. One factor in influencing learning outcomes is the learning model used by teachers but teachers still use conventional learning models which only focus on teachers so as to make students bored or bored, this model must be changed to change current education. Researchers found a problem in MTs Negeri 2 Way Kanan that students have low learning outcomes in fiqh subjects, so the Teams Games Tournament (TGT) cooperative learning model can be used as an option in using the learning model to change the learning applied. The Teams Games Tournament (TGT) learning method is a learning model that uses games as a basis for conducting the learning process that makes students active in interacting and responsible for their teams. The formulation of the problem in this study is whether there is an influence of the Teams Games Tournament (TGT) type cooperative learning model on student learning outcomes in Fiqh subjects in MTs Negeri 2 Way Kanan. The study aims to determine the effect of the Teams Games Tournament (TGT) type cooperative learning model on student learning outcomes in Fiqh subjects in MTs Negeri 2 Way Kanan. This research uses quantitative research methods and uses quasy research type experimental design. The population in class VIII has 199 students. While the sample used is class VIII E as an experimental class and class VIII D as a control class.data collection techniques use multiple choice tests, which are in accordance with indicators. Test the prerequisites of the analysis using the normality test, homogeneity test. The data analysis technique used is the t-test. Based on the results of the hypothesis test using the Independent Sample T Test t-test formula with a calculation of Sig. 0.233 > 0.05 (5%) thus Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that the Teams Games Tournament (TGT) cooperative vi learning model towards improving student learning outcomes in fiqh subjects in MTs Negeri 2 Way Kanan. Keywords : Education, Learning Outcomes, TGT (Teams Games Tournament)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Nov 2023 04:04
Last Modified: 06 Nov 2023 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30978

Actions (login required)

View Item View Item