KONSEP FITRAH DALAM AL-QUR’AN QS. AR-RUM AYAT 30 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER

Lulu, Putri Rois (2023) KONSEP FITRAH DALAM AL-QUR’AN QS. AR-RUM AYAT 30 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI LULU PUTRI ROIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pada dasarnya, setiap manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah. Hal ini berarti manusia dilahirkan dalam keadaan sama�sama lemah meskipun menyimpan potensi besar. Namun bukan berarti manusia ketika dilahirkan bagaikan kertas putih atau kosong seperti yang dikatakan John Lock atau tak berdaya seperti pandangan Jabariyah. Hal ini karena manusia memiliki potensi yang berupa kecenderungan-kecenderungan tertentu yang menyangkut daya nalar, mental, maupun psikisnya yang berbeda-beda jenis dan tingkatannya. Pemahaman para ahli pendidikan Islam terhadap hakikat fitrah membawa implikasi lahirnya teori fitrah dalam pendidikan. Dalam konteks pendidikan, teori tersebut menjadi pijakan dalam mengembangkan fitrah manusia. Dalam hal ini, proses pendidikan menjadi menjadi penting untuk ditingkatkan kualitasnya karena ia merupakan salah satu sarana yang dapat menumbuh kembangkan potensi-potensi yang ada dalam diri manusia sesuai dengan fitrah penciptaannya. Fokus masalah yang diteliti adalah: 1) Bagaimana Pengertian Konsep Fitrah dalam konteks khalifah fil ardh (manusia). 2) Bagaimana Fitrah Menurut Al-Qur‟an QS. Ar�Rum ayat 30. 3) Bagaimana Relevansi Pendidikan Karakter dalam konteks pendidikan islam tentang nilai-nilai akhlak. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui konsep fitrah manusia dalam Al-Qur‟an surat Ar-Rum ayat 30 dan relevansinya dengan pendidikan karakter tentang nilai-nilai akhlak. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriftif kualitatif dengan pendekatan library research yaitu penelitian kepustakaan, dimana peneliti melakukan serangkaian pengumpulan, mengolah dan menganalisis data yang diambil dari literatur-literatur tertulis. Adapun teknik pengumpulan data digunakan dalam penulisan ini diperoleh dari bahan bacaan berupa buku tafsir dan sebagainya yang ada relevansinya dengan judul penelitian ini yaitu terjemahan Tafsir Al-Misbah Karya M.Quraish Shihab, Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Zuhaily, Tafsir Al-Maraghi karya Ahmad Musthafa Al- iii Maraghi. yang menjadi data primer. Apabila data yang diperlukan terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan metode content analysis (analisis isi). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1) Fitrah adalah sifat dasar manusia yang menyembah Tuhan yang satu. Ketika manusia mencari makna hidup, kecenderungan manusia adalah menemukan Tuhan Yang Esa. Mereka mampu menemukan Tuhan, walaupun lingkungannya bisa membelokkan pandangan kepada selain Tuhan. 2) Kandungan Q.S. Ar-Rum Ayat 30 tentang konsep fitrah menurut Para Mufassir menjelaskan setiap manusia dilahirkan dalam kondisi memiliki fitrah (potensi) yaitu fitrah untuk beragama yang lurus. 3) Relevansi Konsep Fitrah dalam Al-Qur‟an surat Ar-Rum Ayat 30 dengan Pendidikan karakter dapat dilihat dari keterkaitan antara fitrah manusia dengan pendidikan karakter berkaitan tentang nilai-nilai akhlak. Karena dalam pendidikan karakter terdapat komponen�komponen seperti: Pendidik, Peserta didik, Metode Pembelajaran, dan Materi Pendidikan karakter yang dapat memelihara serta mengembangkan potensi (fitrah) yang telah ada pada diri setiap manusia yang telah dibawahnya sejak lahir. Kata Kunci : Konsep Fitrah, Q.S Ar-Rum Ayat 30, Pendidikan Karakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:46
Last Modified: 02 Nov 2023 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30968

Actions (login required)

View Item View Item