EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 27 BANDAR LAMPUNG

RATNA, NINGSEH (2023) EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 27 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus Revisi.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI _RATNA NINGSEH_Revisi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 27 BANDAR LAMPUNG OLEH RATNA NINGSEH Percaya diri merupakan suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan diri sehingga dalam tindakan-tindakannya tidak terlalu cemas, merasa bebas untuk melakukan hal-hal yang sesuai dengan keinginan dan tanggung jawab atas perbuatannya. Percaya diri merupakan modal dasar untuk pengembangan dalam aktualisasi diri (eksplorasi segala kemampuan dalam diri). Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui efektivitas konseling behavioral denga teknik positive reinforcement dalam meningkatkan percaya diri pada peserta didik di SMP Negeri 27 Bandar lampung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif dengan desain one-grup pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C di SMP Negeri 27 Bandar Lampung. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian pengemukakan hasil analisis data dengan hasil pretest dan hasil posttest dengan nilai rata-rata 29,8 < 70,5. Dan hasil perhitungan menggunakan uji Wilcoxon (menggunakan perhitungan komputerisasi progam SPSS) sig (2-tailed) sebesar 0,005< 0,05 dan Z hitung 2,812 > dari Z Tabel 1.96. Dengan begitu konseling behavioral dengan teknik positive reinforcement dapat digunakan untuk meningkatkan percaya diri pada peserta didik. Dari uji hipotesis maka disimpulkan bahwa konseling behavioral dengan teknik positive reinforcement efektif digunakan untuk iii meningkatkan percaya diri peserta didik di SMP Negeri 27 Bandar Lampung. Kata Kunci : Percaya Diri, Konseling Behavioral, Teknik Positive Reinforcement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Nov 2023 08:10
Last Modified: 01 Nov 2023 08:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30958

Actions (login required)

View Item View Item