PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI POWTOON BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI IPA BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIII

FIQIA, AQIDAH (2023) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI POWTOON BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI IPA BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIII. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL FIQIA AQIDAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Diera digital saat ini, sudah selayaknya pendidik dapat membuat media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang jauh lebih menarik dan kreatif. Salah satu aplikasi berbasis teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan guru dalam membuat media yaitu aplikasi PowToon. Maka peneliti akan mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis PowToon pada materi IPA di SMP N 1 Madang Suku III. Adapun Metode penelitian dalam pengembangan ini adalah R&D (Research and Development) inii merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan sebuah produk yang diinginkan, dan menguji keefektifan produk. Instrumen penelitian yang digunakan dalam proses pengumpulan data adalah berupa wancara, Observasi dan angket dan soal. Hasil dari ahli materi mendapatkan dengan skor penilaian tahap satu sebesar 2,82 dan skor penilaian tahap dua sebesar 3,32 termasuk kriteria sangat layak digunakan. Kemudian, dengan skor penilaian tahap satu sebesar 3,23 dan skor penilaian tahap dua sebesar 3,7 dengan kriteria sangat layak digunakan. Dan hasil ahli bahasa dengan skor penilaian tahap satu sebesar 3,23 dan skor penilaian tahap dua sebesar 3,7 dengan kriteria sangat layak digunakan. Hasil angket analisis dari respon peserta didik terhadap media pembelajaran animasi berbasis PowToon pada materi sistem ekskresi dengan respon sangat menarik. Kemudian, efektifitas media pembelajaran animasi berbasis PowToon pada materi sistem ekskresi dengan hasil dari uji coba instrumen pada uji validitas, reliabilitas, uji daya beda, dan tingkat kesukaran. Kata Kunci: Media Animasi Berbasis PowToon, Sistem Ekskresi Manusia, Literasi Sains. iii ABSTRACT In today's digital era, it is appropriate for educators to be able to create information technology-based learning media that is much more interesting and creative. One information technology-based application that teachers can use to create media is the PowToon application. So researchers will develop PowToon-based animated video learning media on science material at SMP N 1 Madang Suku III. The research method in this development is R&D (Research and Development). This is a research method used to produce a desired product and test the product's effectiveness. The research instruments used in the data collection process were interviews, observations and questionnaires and questions. The results from the material experts obtained a first stage assessment score of 2.82 and a second stage assessment score of 3.32, including the criteria for being very suitable for use. Then, with a first stage assessment score of 3.23 and a second stage assessment score of 3.7 with very suitable criteria for use. And the linguist's results with a first stage assessment score of 3.23 and a second stage assessment score of 3.7 with very suitable criteria for use. The results of the questionnaire analysis of student responses to PowToon-based animated learning media on excretory system material with very interesting responses. Then, the effectiveness of PowToon-based animated learning media on excretory system material with the results of instrument trials on validity, reliability, different power tests, and level of difficulty. Keywords: PowToon Based Animation Media, Human Excretory System, Scientific Literacy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:46
Last Modified: 01 Nov 2023 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30956

Actions (login required)

View Item View Item