UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KEPUTRAN KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU

Ahmad, Zainul Abidin (2023) UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KEPUTRAN KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Tesis Ahmad Zainul Abidin 2-1.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Tesis Ahmad Zainul Abidin 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pondok pesantren al-Hidayah Keputran merupakan lembaga dakwah yang mencetak para santri yang baik, memiliki pengetahuan yang luas, akidah yang kuat dan ibadah yang benar serta akhlak yang mulia. Namun faktanya, tidak semua seperti itu yang mana santri memiliki aspek-aspek kenakalan diusia mereka. Kenakalan sesuatu yang tidak bisa dihindari tetapi bisa dikendalikan, untuk itu perlu adanya kebijakan untuk mengatasi perilaku tersebut. Pondok pesantren al-Hidayah Keputran sudah membuat dan menerapkan kebijakan�kebijakan dalam penanganan kenakalan santri, namun masih didapati kasus-kasus kenakalan yang dilakukan santri. Maka tujuan dari penelitian terkait hal ini untuk mengungkap kebijakan-kebijakan di pondok pesantren al-Hidayah Keputran dalam mengatasi kenakalan santri. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Sumber data primernya adalah yang terkait dengan kebijakan pondok pesantren dalam menanggulangi kenakalan santri di peroleh melalui pengelola dan santri pondok pesantren al-Hidayah Keputran dan data sekundernya yaitu data yang didapat dari buku-buku dan dokumen-dokumen. Alat pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, Observasi dan dokumentasi. Kemudian setelah data terkumpul data diolah dan dianalisa menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam hal menangani kenakalan santri, pondok pesantren al-Hidayah Keputran senantiasa menerapkan beberapa kebijakan agar santri bisa mematuhi peraturan yang ditetapkan pesantren dan kebijakan di sesuaikan dengan bentuk-bentuk kenakalan yang terjadi, yang sebagian besar merupakan kenakalan yang bersifat pelanggaran tata tertib yang berlaku. Hasil dari upaya yang dilakukan pondok pesantren al-Hidayah Keputran dalam menaggulangi kenakalan santri 80% berhasil dimana hal ini ditunjukan dengan adanya efek jera dan sifat disiplin serta menjadikan santri yang melanggar menjadi lebih baik hal ini dikarenakan rasa takut santri terhadap akibat pelangaran yang dilakukan. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya hukuman maka santri menjadi disiplin menjalankan tata tertib pesantren. Adapun saran yang diberikan penulis yaitu, pondok pesantren hendaknya senantiasa menciptakan situasi lingkungan yang baik, mengintensifkan kegiatan-kegiatan keagamaan dan ekstrakurikuler. Sehingga santri mempunyai tugas dan kesibukan yang terarah. Kata Kunci: Kebijakan, Kenakalan Santri, Pondok Pesantren, ABSTRACT Al-Hidayah Keputran Islamic Boarding School is a da'wah institution that produces good students, has extensive knowledge, strong faith and true worship and noble morals. But in fact, not all of them are like that where students have aspects of delinquency at their age. Delinquency is something that cannot be avoided but can be controlled, for that we need a policy to overcome this behavior. Pondok Pesantren al-Hidayah Keputran has made and implemented policies in dealing with student delinquency, but there are still cases of delinquency committed by students. So the purpose of research related to this matter is to reveal policies at the Al-Hidayah Keputran Islamic Boarding School in dealing with student delinquency. This research is a qualitative field research. The primary data sources are those related to Islamic boarding school policies in tackling student delinquency which are obtained through the management and students of the al-Hidayah Keputran Islamic boarding school and secondary data, namely data obtained from books and documents. The data collection tool uses interview, observation and documentation methods. Then after the data is collected the data is processed and analyzed using a qualitative descriptive method. The results of this study indicate that in terms of handling student delinquency, the Al-Hidayah Keputran Islamic boarding school always implements several policies so that students can comply with the rules set by the Islamic boarding school and the policies are adjusted to the forms of delinquency that occur, most of which are delinquents that violate the rules. the prevailing order. The results of the efforts made by the al-Hidayah Keputran Islamic boarding school in dealing with student delinquency were 80% successful where this was shown by the deterrent effect and the nature of discipline and making students who violated better, this was due to the students' fear of the consequences of the violations committed. It can be concluded that with the existence of punishment, students become disciplined in carrying out the pesantren rules. As for the advice given by the author, namely, Islamic boarding schools should always create a good environmental situation, intensify religious and extracurricular activities. So that students have directed tasks and activities. Keywords: Policy, Santri Delinquency, Islamic Boarding School,

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2023 09:09
Last Modified: 31 Oct 2023 09:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30948

Actions (login required)

View Item View Item