TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI PESAWARAN NOMOR 35 TAHUN 2017 TENTANG PENGELOLAAN KAWASAN WISATA BAHARI DI DESA SIDODADI KECAMATAN TELUK PANDAN KABUPATEN PESAWARAN ( STUDI DI PANTAI SARI RINGGUNG)

AHMAD, DRAJAT (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI PESAWARAN NOMOR 35 TAHUN 2017 TENTANG PENGELOLAAN KAWASAN WISATA BAHARI DI DESA SIDODADI KECAMATAN TELUK PANDAN KABUPATEN PESAWARAN ( STUDI DI PANTAI SARI RINGGUNG). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi AHMAD DRAJAT.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pembangunan pariwisata daerah akan lebih mudah dilakukan melalui pengembangan pariwisatanya karena dengan perkembangan pariwisata dapat memberikan kepuasan kepada wisatawan, kemakmuran serta kesejahteraan bagi lingkungan yang berada di sekitarnya. Berdasarkan Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 35 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Kawasan Wisata Bahari di Desa Sidodadi Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran yang merupakan salah satu upaya dalam mengatur tentang pengaturan dan pengurusan kehidupan manusia dalam mengelola potensi daerah demi mencapai kemaslahatan bagi manusia itu sendiri. Dalam penelitian ini dirumuskan permasalahan yang ada diantaranya bagaimana implementasi peraturan bupati Pesawaran nomor 35 tahun 2017 tentang pengelolaan kawasan wisata bahari di Kabupaten Pesawaran (studi di Pantai Sari Ringgung)?, bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap peraturan bupati pesawaran nomor 35 tahun 2017 tentang pengelolaan kawasan wisata bahari di Kabupaten Pesawaran (studi di Pantai Sari Ringgung)?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi peraturan bupati pesawaran nomor 35 tahun 2017 tentang pengelolaan kawasan wisata bahari di kabupaten pesawaran (studi di Pantai Sari Ringgung), tinjauan fiqh siyasah terhadap peraturan bupati Pesawaran nomor 35 tahun 2017 tentang pengelolaan kawasan wisata bahari di Kabupaten Pesawaran (studi di Pantai Sari Ringgung). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, jenis penelitian adalah field research dan didampingi oleh library research, sifat penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis, penelitian menggunakan Teori Fiqh Siyasah Tanfidziah. Berdasarkan hasil penelitian analisa data penulis lakukan di Pantai Sari Ringgung ditemukan bahwa dalam terhadap Implementasi Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 35 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Kawasan Wisata Bahari Di Kabupaten Pesawaran (Studi di Pantai Sari Ringgung) pelaksanaannya sendiri sudah cukup bagus sesuai dengan prosedur yang berlaku walaupun belum sepenuhnya optimal. Adapun upaya yang telah dilakukan dalam menanggulangi sampah yaitu dengan reuse, reduce, dan recycle. Selain itu menurut fiqh siyasah Tanfidziah dalam implementasinya sudah berjalan dengan baik dengan adanya strategi pengelolaan wisata bahari yang dilakukan. Hal tersebut tertera dalam Q.S Al-A'raf ayat 85, Q.S Al-A‟raf ayat 56, Q.S Al-A‟raf ayat 31yang menjelaskan mengenai pengelolaan sampah dengan sebaik-baiknya. Keyword: Fiqh siyasah, pengelolaan, wisata

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:17
Last Modified: 31 Oct 2023 07:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30941

Actions (login required)

View Item View Item