TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERLINDUNGAN HUKUM PEKERJA ANAK DALAM SEKTOR INFORMAL (Studi Kelurahan Pasar Madang Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus)

Hoshinta, Nur Asiah (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERLINDUNGAN HUKUM PEKERJA ANAK DALAM SEKTOR INFORMAL (Studi Kelurahan Pasar Madang Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK HOSHINTA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Anak sebagai generasi muda yang potensial bagi kelanjutan hidup bangsa, dilindungi hak-haknya sesuai amanat Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945. Anak harus dijamin untuk mendapatkan pendidikan dan kehidupan yang layak serta dilindungi dari bentuk diskriminasi maupun eksploitasi. Anak dilarang untuk bekerj dalam rangka memberikan jaminan perlindungan terhadap anak yang bekerja, maka dikeluarkan berbagai peraturan perundang�undangan, yang pada prinsipnya melarang anak untuk bekerja dan apabila terpaksa bekerja, maka secara normatif anak-anak tersebut harus memperoleh jaminan perlindungan hukum yang memadai. Implementasi upaya perlindungan hukum terhadap anak yang bekerja tersebut dalam praktek mengalami banyak hambatan, diantaranya faktor ekonomi yang justru menjadi pendorong mengapa anak harus bekerja, faktor budaya, faktor pendidikan, serta lemahnya koordinasi dan kerja sama, keterbatasan aparatur pemerintah yang bertugas melakukan pengawasan, serta faktor lain baik langsung maupun tidak langsung, sehingga saat ini fenomena anak yang bekerja hampir selalu dapat ditemukan di seluruh wilayah indonesia, baik di kota-kota besar maupun di pedesaan. Hal itu membuat penulis tertarik untuk membahas dengan rumusan masalah : Bagaimana pandangan fiqh siyasah terhadap pekrja anak dan bagaimana perlindungan hukum pekerja anak dalam sektor informal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tinjauan fiqh siyasah terhadap pekerja anak dalam sektor Informal di Kelurahan Madang Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus dan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum pekerja anak dalam sektor Informal di Kelurahan Pasar Madang Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pandangan fiqh siyasah terhadap perlindungan hukum pekerja anak dalam sektor Informal masih banyak anak yang bekerja dan pemerintah daerah masih belum bisa mengatasi banyaknya pekerja anak dikarenakan kurang tegasnya pemerintah daerah dalam menindakan tegas atau menerapakan Perlindungan hukum terhadap pekerja anak dengan dasar undang-undang dan dalam hukum Islam menentang adanya pekerja dibawah umur dengan larang yaitu Al-Quran surat An-Nisa ayat 9 dan QS Al-An’am ayat yang seharus orang tua bertanggung jawab kepada anak-anaknya sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan mendapatkan hak-haknya sebagai anak. Adapun iii faktor penyebab terjadinya pekerja anak yaitu faktor ekonomi,faktor pendidikan, faktor lingkungan dan faktor budaya. Kata Kunci: Fiqh Siyasah, Perlindungan Hukum, Pekerja Anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:05
Last Modified: 31 Oct 2023 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30938

Actions (login required)

View Item View Item