IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN Di MTs Muhamadiyah Sukarame Bandar Lampung

JULIAN, TRIYOGA (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN Di MTs Muhamadiyah Sukarame Bandar Lampung. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran merupakan sistem atau proses yang direncanakan dilaksanakan dan dievaluasi secara sistematis agar dapat menginisasi,memfasilitasi, dan meningkatkan intensitas dan kualitas belajar pada diri peserta didik serta tercapainya tujuan prmbelajaran secara efektif dan efesien. Penelitian ini merupakan tentang Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran di MTs Muhamadiyah Sukarame Bandar Lampung. Dengan tujuan penelitian itu untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran,dan evaluasi/penilaian hasil belajar di MTs Muhamadiyah Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif, tekhnik pengumpilan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat menggambarkan,menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tulisan/lisan dari orang orang dan perilaku yang bisa diamati dan data tersebut berupa pernyataan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan dan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan, menjelaskan dan mengetahui manajemen mutu perencanaan pembelajaran, manajemen mutu pelaksanaan pembelajaran, manajemen mutu evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang ada di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung sudah terlaksana hal ini dikarenakan perencanaan pembelajaran yang di terapkan sudah sesuai dengan indikator dalam teori Rusman yang peneliti gunakan. Adapun yang belum terlaksana adalah masih terdapat tenaga pendidik yang belum menggunakan alat peraga dan media pembelajaran. Dalam kegiatan pendahuluan tenaga pendidik melaksanakannya, akan tetapi pada beberapa mata pelajaran menurut hasil observasi yang didapatkan oleh iv penulis ternyata terdapat tenaga pendidik yang belum melaksanakan kegiatan pendahuluan ketika memulai pembelajaran. Dalam kegiatan inti untuk mata pelajaran Al-Qur’an Hadist masih belum terlaksana, hal ini dilihat dari hasil wawancara dengan peserta didik dan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti menyebutkan bahwa ada beberapa sub indikator yang tidak dilaksanakan sehingga hal itu membuat kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif dan efisien. Dalam kegiatan penutup sudah terlaksanakan. Hal itu dikarenakan dalam kegiatan penutup, tenaga pendidik memberikan rangkuman atau kesimpulan. Kata Kunci : Implementasi, Manajemen Mutu Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:28
Last Modified: 31 Oct 2023 06:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30933

Actions (login required)

View Item View Item