PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN TENAGA PENDIDIK DI SMA ASY SYAFI’IYAH KRUI PESISIR BARAT

ARI, PRAYOGA (2023) PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN TENAGA PENDIDIK DI SMA ASY SYAFI’IYAH KRUI PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pelatihan dan pengembangan merupakan salah satu alternatif yang seyogyanya dapat menjadi jalan keluar dari berbagai persoalan yang timbul terkait tentang tenaga pendidik dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti seminar-seminar, workshop, pendidikan latihan yang diadakan oleh pendidikan nasional, ataupun dilaksanakan secara mandiri oleh lembaga pendidikan tersebut karna mengingat begitu pesatnya perkembangan di berbagai lini kehidupan khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi 4.0, sehingga mengharuskan tenaga pendidik meningkatkan keahliannya baik itu keahlian yang bersifat teknis serta keahlian konseptual dan manajerial. Namun sejalan dengan hal tersebut dalam pelaksanaanya pun harus dipersiapkan dengan baik agar dalam pelaksanaanya mampu tercapai sesuai dengan tujuan yang diinginkan dimulai dari tahapan analisis kebutuhan, metode pelatihan dan pengembangan sampai dengan evaluasi dari pelaksanaan pelatihan dan pengembangan tersebut. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan pelatihan dan pengembangan tenaga pendidik di SMA Asy Syafi’iyah Krui. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif yang menggambarkan bagaimana tahapan pelatihan dan pengembangan tenaga pendidik di SMA Asy Syafi'iyah Krui Pesisir Barat dari hasil pengumpulan data melalui wawancara dan didukung dengan data dokumentasi dan observasi, uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data,dan penarikan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa SMA Asy Syafi’iyah Krui dalam menganalisis kebutuh pelatihan dan pengembangan dikatakan cukup baik dengan menganalisa dua aspek penting untuk menetapkan prioritas pelatihan dan pengembangan yang pertama yaitu melihat urgensi pekerjaanya dengan mempertimbangkan bagaimana mendesaknya suatu pekerjaan yang ditela’ah melalui analisis jabatan, atau adanya kebijakan-kebijakan tertentu. Kemudian pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan di SMA Asy Syafi’iyah Krui Pesisir Barat ada dua metode dalam pelaksanaanya yang pertama iii menggunakan metode On job training dan yang kedua menggunakan metode Off the job training. Dan dalam melaksanakan evaluasi pelatihan dan pengembangan di SMA Asy Syafi’iyah peneliti menemukan bahwa ada dua kategori yang di evaluasi yang pertama adalah penyelenggara pelatihan dan pengembangan dan yang kedua adalah peserta pelatihan dan pengembangan. Sebagai bahan masukan untuk sekolah SMA Asy Asy Syafi’iyah Krui peneliti merekomendasikan dalam pelaksanaan pelatihan dan pengembangan sebaiknya dilaksanakan secara kontinu baik itu enam bulan sekali atau ataupun setiap satu tahun dengan betul-betul memperhatikan isi dari program pelatihan dan pengembangan yang akan dilaksanakan. Kata Kunci : Pelatihan dan Pengembangan, Tenaga Pendidik iv ABSTRACT Training is an alternative that should be a way out of various problems that arise related to teacher performance by organizing various activities such as seminars, workshops, training education held by national education, or carried out independently by these educational institutions because remember so rapid developments in various lines of life, especially science, and technology in the revolution era 4.0, so that it requires teachers to improve their skills both technical skills as well as conceptual and managerial skills. However, in line with this, the implementation must also be well prepared so that the implementation can be achieved under the desired objectives starting from the stages of needs analysis, training, and development methods up to the evaluation of the implementation of the training and development. This study aims to determine the stages of training and development in improving teacher performance at SMA Asy Syafi'iyah Krui. This study uses a qualitative descriptive type which describes the stages of training and development of teacher performance at SMA Asy Syafi'iyah Krui Pesisir Barat from the results of data collection through interviews and supported by documentation and observation data, data validity testing is carried out by source triangulation. data analysis in this study using data reduction, data presentation, and data withdrawal. The results of this study indicate that Asy Syafi'iyah Krui Senior High School in analyzing training and development needs is said to be quite good by analyzing two important aspects for setting training and development priorities. The first is seeing the urgency of the job by considering how urgent the job is which is examined through job analysis. , or the existence of certain policies. Then the implementation of the training and development program at SMA Asy Syafi'iyah Krui West Coast, there are two methods of its implementation, the first uses the On job training method and the second uses the Off the job training method. And in carrying out training and development evaluations at Asy Syafi'iyah High School the researcher found that two categories were evaluated, the first being v training and development organizers and the second being training and development participants Keywords: Training and Development,Teacher

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2023 04:40
Last Modified: 31 Oct 2023 04:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30932

Actions (login required)

View Item View Item