EFEKTIVITAS PEMBELAJARANPAIPASCA PANDEMI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG

AYU, RETNO FITRIANI (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARANPAIPASCA PANDEMI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of AYU FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini pandemi COVID- sudah menghilang dari dunia pendidikan. Sekolah-sekolah sudah mulai aktif dan menerapkan pembelajaran tatap muka kembali. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah dilaksanakan secara langsung atau tatap muka pasca pandemi COVID- . Penerapan pembelajaran membuat pendidik harus berfikir dengan inovasi baru untuk dapat menciptakan media, model dan metode pembelajaran yang akan cocok digunakan dalam pembelajaran. Efektivitas pembelajaran akan berhasil apabila terciptanya keberhasilan dari proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik yang berjalan baik dan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran PAI pasca pandemi dalam meningkatkan hasil belajar Peserta Didik di SMK Gajah Mada Bandar Lampung. Peneliti melakukan penelitian ini pada siswa dan guru kelas XI. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran PAI pasca pandemi dalam meningkatkan hasil belajar Peserta Didik di SMK Gajah Mada Bandar Lampung sudah cukup efektif. Sebagai bukti bahwa ada beberapa indikator efektivitas pembelajaran yang sudah terlaksana dengan baik, yaitu: . Aktivitas siswa dapat dilihat dari kesiapan guru dan siswa saat memulai proses pembelajaran dan semangat siswa yang besar setelah kembalinya proses pembelajaran tatap muka. . Respon siswa dapat dilihat dari siswa yang merasa senang dengan pembelajaran. . Hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai akhir siswa. Kata kunci : Efektivitas, Pasca Pandemi, Pembelajaran PAI. ABSTRACT Currently the COVID- pandemic has disappeared from the world of education. Schools have started to be active and implement face-to-face learning again. Islamic Religious Education learning has been carried out directly or face to face after the COVID�pandemic. The application of learning makes educators have to think with new innovations to be able to create media, models and learning methods that will be suitable for use in learning. The effectiveness of learning will be successful if there is success in the process of interaction between students and educators that runs well and smoothly. This study aims to determine the effectiveness of post�pandemic PAI learning in improving student learning outcomes at SMK Gajah Mada Bandar Lampung. Researchers conducted this research on students and teachers of class XI. This type of research is descriptive qualitative. Collecting data researchers using observation techniques, interviews, and documentation. Data analysis techniques are data reduction, data presentation, and conclusion/verification. Test the validity of the data using the source triangulation technique. The results of this study indicate that the effectiveness of post�pandemic PAI learning in improving student learning outcomes at Gajah Mada Vocational High School Bandar Lampung has been quite effective. As evidence that there are several indicators of learning effectiveness that have been carried out properly, namely: . Student activity can be seen from the readiness of teachers and students when starting the learning process and the great enthusiasm of students after the return of the face-to-face learning process. . Student responses can be seen from students who feel happy with learning. . Student learning outcomes can be seen from the final grades of students. Keywords: Effectiveness, Post-Pandemic, PAI Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2023 04:42
Last Modified: 27 Oct 2023 04:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30911

Actions (login required)

View Item View Item