PERAN DAN TANGGUNG JAWAB DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK DALAM PENANGANAN TINDAK KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung)

ADE, RIFALDY (2023) PERAN DAN TANGGUNG JAWAB DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK DALAM PENANGANAN TINDAK KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ADE.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kekerasan terhadap anak adalah perbuatan yang dilakukan oleh orang dewasa baik disengaja maupun tidak disengaja yang dapat menimbulkan kerugian bahaya terhadap anak baik secara fisik maupun emosional. Kekerasan terhadap anak merupakan salah satu masalah yang sering sekali terjadi dimasyarakat karena orang tua yang tidak bertanggung jawab, karena faktor ekonomi, faktor lahir di luar nikah, faktor stress sosial, faktor isolasi sosial, dan faktor struktur keluarga. Disinilah peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung yang berkewajiban melindungi anak dari tindak kekerasan karena anak adalah masa depan bangsa, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Kota Bandar Lampung mempunyai tujuan yakni untuk melindungi anak yang dibawah kemampuan dalam hal kekerasan yang dilakukan oleh orang dewasa maupun perorangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Kota Bandar Lampung dalam menanggulangi tindak kekerasan anak dan bagaimana pandangan fiqh siyasah terhadap Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Kota Bandar Lampung dalam menanggulangi tindak kekerasan anak. Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk menganalisis tinjauan fiqh siyasah terhadap Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan dalam menanggulangi tindak kekerasan anak di Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sumber data terdiri dari data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari hasil penelitian di lapangan dalam hal objek yang akan diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan adalah untuk menjaga melindungi anak dari tindak kekerasan dengan mengeluarkan beberapa program yakni dengan pembentukan Forum Anak Daerah, pembentukan Kota Layak Anak, dan pembentukan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), itu termasuk tujuan yang ingin dicapai dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Kota Bandar Lampung. Perlindungan Anak dalam perspektif Hukum Islam merupakan kegiatan yang sejalan dengan hukum Islam, karena manusia dilarang untuk berbuat kekerasan terhadap anak karena anak adalah amanah yang harus dijaga, dididik dan anak merupakan titipan iii Allah SWT yang wajib dilindungi sehingga menjadi generasi yang berguna bagi nusa dan bangsa. Kata kunci: Kekerasan dan Perlindungan, Kepala Dinas, Fiqh Siyasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:12
Last Modified: 26 Oct 2023 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30902

Actions (login required)

View Item View Item