PROGRAM LIFE SKILL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH ALAM LAMPUNG

TRI, WAYUNI (2023) PROGRAM LIFE SKILL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH ALAM LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI TRI WAYUNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PROGRAM LIFE SKILL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH ALAM LAMPUNG Penelitian ini bertujuan untuk membantu peserta didik menemukan passionnya sejak awal dan belajar menyelesaikan masalah yang dihadapinya sendiri dengan kemandirian yang telah ditananamkan mulai dari pendidikan sekolah dasar sehingga memudahkan mereka dalam menentukan minat dan bakat yang mereka miliki agar dapat menjadi manusia yang dapat bersaing di dunia kerja dikemudian hari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berjenis kualitatif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, dengan pola berfikir dedukatif. Hasil penelitiannya ialah 1) Perencanaan kurikulum di Sekolah Alam Lampung menggunakan kurikulum khas sekolah alam yang mencakup pembentukan akhlak mulia, leadership, logika jiwa ilmiah, dan entrepreneurship dengan metode Belajar Bersama Alam (BBA) yang menggunakan spider web dalam perangkat pembelajaran weekly plan. 2) Pelaksanaan pembelajaran life skill didasarkan pada nilai Al Qur’an dan Hadis yang terintegrasi di dalam kegiatan pembelajaran yang diimplementasikan pada kegiatan-kegiatan unggulan di Sekolah Alam Lampung.3) Evaluasi dilakukan setiap tahun, semester, tengah semester, bulanan dan mingguan. Evaluasi dilakukan bukan hanya program sekolah, tetapi juga perkembangan akademik, non akademik, dan perkembangan akhlak peserta didik. Kata kunci: life skill, kemandirian, belajar bersama alam iii ABSTRACT LIFE SKILL PROGRAM TO IMPROVE STUDENTS' INDEPENDENCE IN ALAM LAMPUNG SCHOOLS This research aims to help students find their passion from the start and learn to solve their own problems with the independence that has been instilled starting from elementary school education so that it makes it easier for them to determine their interests and talents so that they can become human beings who can compete in the world of work in the future. day. This research is a qualitative field research. The data collection was carried out by observation, documentation, and interview methods. Data analysis was carried out using descriptive methods, with deductive thinking patterns. The result of his research 1) Curriculum planning at the Lampung Natural School uses a typical natural school curriculum which includes the formation of noble morals, leadership, scientific soul logic, and entrepreneurship using the Learning with Nature (BBA) method which uses spider web in the weekly plan learning tool. 2) The implementation of life skills learning is based on the values of the Qur'an and Hadith which are integrated in learning activities implemented in superior activities at the Alam Lampung School. 3) Evaluations are carried out every year, semester, mid-semester, monthly and weekly. Evaluation is carried out not only on school programs, but also on academic, non-academic and moral development of students. Keywords: life skills, independence, learning with nature

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:05
Last Modified: 26 Oct 2023 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30900

Actions (login required)

View Item View Item