PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF PADA MATERI SENAM KREASI PESERTA DIDIK SD

FITRI, RAMADHANI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF PADA MATERI SENAM KREASI PESERTA DIDIK SD. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Senam kreasi merupakan materi yang wajib diberikan kepada anak, baik dari kelas rendah sampai di kelas tinggi. Pemberian materi senam kreasi dapat dilakukan dengan memberikan anak media pembelajaran berupa video interaktif. Dalam penelitian ini dilatar belakangi kurang nya minat senam peserta didik dan media yang digunakan sangat menoton. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah media video interaktif cukup efektif digunakan di SD?, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media video interaktif sebagai bahan ajar yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi senam kreasi di SD. Adapun manfaat dalam penelitian ini adalah dengan adanya media video interaktif ini dapat menjadi sumber bahan ajar yang membantu dan mempermudahkan para guru dalam memberikan materi senam dan dapat membuat peserta didik semakin tertarik mingikuti senam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development atau R n D). Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan menurut Sugiono, yang di modifikasi menjadi 7 langkah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Media video interaktif ini pada materi senam kreasi memperoleh nilai rata-rata dari ahli materi sebesar 82,2% dikatagorikan sangat layak, memperoleh nilai rata-rata dari ahli media sebesar 72,1% dikatagorikan sangat layak, dan penilaian pendidik diperoleh 88,8% dikatagorikan sangat layak. Penilaian yang diberikan oleh peserta didik pada tahap uji kelompok kecil di SDN 2 Rajabasa memperoleh nilai sebesar 85,2% yang dikatagorikan sangat layak, uji kelompok besar di SDN Margakarya memperoleh nilai 88,5% dikatagorikan sangat layak. Hal ini menunjukan media video interaktif yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Bahan Ajar, Video Interaktif, Senam Kreasi iv ABSTRACT Creative gymnastics is essential material to be provided to children, from lower grades to higher grades. The delivery of creative gymnastics material can be done by providing children with interactive video learning media. This research is motivated by the lack of interest in gymnastics among students and the monotonous nature of the media used. The research problem in this study is whether interactive video media is effective enough to be used in elementary schools. The purpose of this research is to develop interactive video media as teaching material aimed at enhancing the understanding of creative gymnastics material in elementary schools. The benefits of this research include the use of interactive video media as a teaching resource, which assists and facilitates teachers in delivering gymnastics material and can make students more interested in participating in gymnastics. This study is a type of research and development (R&D) study. The research follows the development procedure according to Sugiono, which has been modified into 7 steps. Data collection techniques in this research include interviews, questionnaires, observations, and documentation. The interactive video media for creative gymnastics material obtained an average score of 82.2% from material experts, categorized as highly appropriate. It obtained an average score of 72.1% from media experts, also categorized as highly appropriate. Educator assessment resulted in 88.8%, categorized as highly appropriate. Assessment provided by students in the small group test stage at SDN 2 Rajabasa obtained a score of 85.2%, categorized as highly appropriate, while the large group test at SDN Margakarya obtained a score of 88.5%, also categorized as highly appropriate. This indicates that the developed interactive video media is suitable for use in the learning process. Keywords: Teaching Material, Interactive Video, Creative Gymnastics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:41
Last Modified: 26 Oct 2023 02:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30891

Actions (login required)

View Item View Item