IMPLEMENTASI POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SANTRI DI PONPES AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG

FAJRY, NURFAIZ (2023) IMPLEMENTASI POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SANTRI DI PONPES AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI FAJRY NURFAIZ.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pola asuh merupakan sikap atau perlakuan orang tua terhadap anak yang masing-masing mempunyai pengaruh tersendiri terhadap perilaku anak. Peran orang tua dalam mendidik anaknya sangat mempengaruhi prestasi belajar anaknya. Seperti halnya pola asuh yang digunakan dalam mendidik santri dalam meningkatkan hasil belajar santri. Penelitian ini bertujuan mendekripsikan implementasi pola asuh dalam meningkatkan hasil belajar santri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu data-data yang ada berupa kata-kata bukan berupa angka atau data statistik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Objek dalam penelitian ini adalah wali santri, dewan asatidz, pengurus, dan santri pondok pesantren al hikmah bandar lampung. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh yang digunakan oleh orang tua/wali santri cenderung mengarah pada pola asuh demokratis, namun ada juga yang menggunakan pola asuh otoriter dan permissif. Sementara pola asuh yang diterapkan oleh para pengurus pondok, sebagai pengganti wali santri di ponpes adalah pola asuh demokratis dan otoriter. Hal ini ditunjukkan dengan adanya ciri-ciri memberikan dukungan terhadap santri dalam mencapai prestasi, memiliki pengendalian diri yang baik, memberikan alasan dan penjelasan atas hukuman dan larangan yang diberikan oleh pengurus bidang keamanan. Sedangkan pola asuh otoriter ditunjukkan dengan adanya ciri-ciri: memperlakukan santri dengan tegas, sikap dan kebijakan pengasuh cenderung tidak persuasif bahkan menggunakan kekuasaannya untuk menekan santri, santri harus mematuhi semua aturan yang diberikan oleh pengasuh dan pengurus. Cara pengasuh dalam membentuk karakter santri di pesantren ini dilakukan melalui kegiatan pembelajaran kitab kuning, pemberian motivasi dan nasihat, pengawasan dan bimbingan, pembiasaan, memberikan contoh yang baik, dan memberikan hukuman. Pola asuh orang tua, dalam meningkatkan hasil belajar santri dengan pola asuh kombinasi santri mampu mengungkapkan keinginannya, begitupun pola asuh kombinasi anak tau mana yang baik dan tidak untuknya. dengan pola asuh kombinasi santri akan semangat dalam belajar dan tetap membutuhkan bimbingan dari ustadz dan pengurus. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Hasil Belajar, Pondok Pesantren ii ABSTRACK Parenting is the attitude or treatment of parents towards children, each of which has its own influence on the child's behavior. The role of parents in educating their children greatly influences their child's learning achievement. As is the parenting style used in educating students in improving student learning outcomes. This study aims to describe the implementation of parenting in improving student learning outcomes. This type of research is descriptive qualitative, that is, the data is in the form of words, not in the form of numbers or statistical data. Data collection techniques through observation, interviews and documentation. Data analysis through data reduction, data presentation and drawing conclusions. Test the validity of the data using triangulation techniques. The objects in this study were the guardians of the students, the asatidz board, administrators, and the students of the Al-Hikmah Islamic boarding school in Bandar Lampung.The results of the study show that the parenting style used by parents/guardians of students tends to lead to democratic parenting, but there are also those who use authoritarian and permissive parenting styles. Meanwhile, the parenting style adopted by the boarding school administrators, as a substitute for the guardians of the students at the Islamic boarding school, is a democratic and authoritarian parenting style. This is indicated by the characteristics of providing support to students in achieving achievements, having good self-control, giving reasons and explanations for penalties and prohibitions given by administrators in the security sector. Meanwhile, authoritarian parenting is shown by the presence of characteristics: treating students firmly, attitudes and policies of caregivers tend not to be persuasive and even use their power to suppress students, students must comply with all the rules given by caregivers and administrators. The way for caregivers to shape the character of students in Islamic boarding schools is through learning the yellow book, giving motivation and advice, supervising and guiding, habituating, setting a good example, and giving punishment. Parenting parents, in improving the learning outcomes of students with combined parenting, students are able to express their wishes, as well as combined parenting for children who know what is good and what is not for them. With a combined parenting style, students will be passionate about learning and still need guidance from ustadz and administrators

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:32
Last Modified: 25 Oct 2023 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30878

Actions (login required)

View Item View Item