UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 5 TULANG BAWANG BARAT

DWI, LESTARI (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 5 TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI Dwi Lestari bab 1 & 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI Dwi Lestari FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini yaitu upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penulis melakukan peneitian di SMPN 5 Tulang Bawang Barat karena penulis melihat bahwa selama ini upaya guru PAI dalam memotivasi belajar siswa kurang maksimal sehingga hasil akhir pendidikan kurang memenuhi target. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk membuat gambaran atau deskripsi tentang Upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SMPN 5 Tulang Bawang Barat secara objektif. Metode deskriptif bertujuan untuk mengumpulkan informasi aktual secara rinci yang melukiskan gejala yang ada, mengidentifikasi masalah yang atau memelihara kondisi dan praktik - praktik yang berlaku. Dalam memperoleh data peneliti terjun langsung ke lokasi untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tekhnik sebagai berikut: Metode Observasi, Metode Interview, dan Metode Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya dalam memotivasi belajar siswa ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan oleh guru diantaranya: menggunakan metode mengajar bervariasi, menggunakan media, pemberian nilai, pemberian tugas, pemberian ulangan, pemberian pujian, pemberian hukuman. Usaha-usaha yang dilakukan guru diatas dapat merangsang siswa untuk belajar lebih giat dan sungguh-sungguh dalam belajar agar dapat mencapai hasil yang optimal sesuai dengan harapan guru dan orang tua. Kata Kunci : Upaya Guru PAI, Motivasi Belajar Siswa iv ABSTRACT The problem in this study is the efforts of Islamic religious education teachers in increasing student learning motivation. The author conducted research at SMPN 5 Tulang Bawang Barat because the author saw that so far the efforts of PAI teachers in motivating student learning were not optimal so that the final results of education did not meet the target. This research is a type of qualitative research using a qualitative descriptive approach. This method is used to create an overview or description of the PAI teacher's efforts in increasing students' motivation to study Islamic religious education at SMPN 5 Tulang Bawang Barat objectively. The descriptive method aims to collect detailed actual information that describes existing symptoms, identifies existing problems or maintains existing conditions and practices. In obtaining the data the researcher went directly to the location to collect data, the researcher used the following techniques: Observation Method, Interview Method and Documentation Method. The results of this study indicate that in motivating student learning there are various ways that can be done by teachers including: using various teaching methods, using media, giving grades, giving assignments, giving tests, giving praise, giving punishment. The efforts made by the teacher above can stimulate students to study more actively and earnestly in learning so that they can achieve optimal results in accordance with the expectations of teachers and parents. Keywords: PAI Teachers efforts, student’s motivation to study.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:20
Last Modified: 25 Oct 2023 04:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30876

Actions (login required)

View Item View Item