PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS MUHAMMADIYAH TANJUNG QENCONO

Astrid, Ayu Septianingrum (2023) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS MUHAMMADIYAH TANJUNG QENCONO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Astrid Ayu Septianingrum.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang dijalani oleh peserta didik dalam upaya mencapai tujuan pendidikan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang baik diperlukan pembelajaran yang baik. Karena pembelajaran yang baik dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, sehingga peserta didik akan lebih aktif dalam belajar. Ini merupakan suatu hal yang sangat penting sebab motivasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh kemampuan dan kreativitas yang dimiliki oleh guru maupun juga motivasi yang dimiliki peserta didik dalam pembelajaran. Oleh karena itu disini penulis mencoba untuk meneliti : ‖Apakah ada pengaruh kreativitas Guru dalam penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Muhammadiyah Tanjung Qencono?‖. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket sebagai intrumen untuk memperoleh data X dan Y dan dianalisis menggunaan tehnik analisis korelasi product moment dan diuji menggunaan uji t untuk mengetahui taraf uji nyata. Hasil menunjukkan bahwa pengaruh kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Muhammadiyah Tanjung Qencono dalam katagori sedang. Hasil penelitian menujukkan bahwa : Kreativitas guru MTs Muhammadiyah Tanjung Qencono dalam penggunaan media pembelajaran tahun pelajaran 2023/2024 berada pada kategori ―baik‖ dengan nilai rata-rata = 30,49. Motivasi belajar peserta didik MTs Muhammadiyah Tanjung Qencono tahun pelajaran 2023/2024 termasuk dalam kategori ―baik‖ dengan nilai rata-rata 24,02. Dari pengolahan data dan analisis data yang dilakukan oleh peneliti, terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran dengan motivasi belajar peserta didik sebesar 0,494, dan nilai korelasi tersebut termasuk dalam rentang sedang. Hasil uji taraf nyata yang dilakukan untuk mengetahui apakah hubungan tersebut merupakan hubungan nyata atau hanya iii kebetulan saja, diperoleh hasil 3,809> 0,288, menunjukkan hubungan nyata antara kedua variabel. Perhitungan koefisien determinasi genap sebesar 24,4%, sedangkan sisanya sebesar 75,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis. Menjalankan persamaan regresi Ŷ = 12,233 + 0,387X. kemudian dapat ditarik kesimpulan bahwa kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Muhammadiyah Tanjung Qencono tahun ajaran 2023/2024. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Media Pembelajaran, dan Motivasi Belajar. iv ABSTRACT The learning process is an activity undertaken by students in an effort to achieve educational goals. To achieve good learning goals, good learning is needed. Because good learning can increase students' learning motivation, so that students will be more active in learning. This is a very important thing because students' learning motivation can be influenced by the abilities and creativity of the teacher as well as the motivation that students have in learning. Therefore, here the author tries to research: "Is there an influence of teacher creativity in the use of learning media on students' learning motivation in the subject of moral beliefs at MTs Muhammadiyah Tanjung Qencono?" The approach used in this research is a quantitative approach. Data collection was carried out using observation, interviews, documentation and questionnaires as instruments to obtain X and Y data and analyzed using product moment correlation analysis techniques and tested using the t test to determine the real test level. The results show that the influence of teacher creativity in using learning media on students' learning motivation in the subject of moral beliefs at MTs Muhammadiyah Tanjung Qencono is in the medium category. The research results show that: The creativity of MTs Muhammadiyah Tanjung Qencono teachers in using learning media for the 2023/2024 academic year is in the "good" category with an average score = 30.49. The learning motivation of MTs Muhammadiyah Tanjung Qencono students for the 2023/2024 academic year is included in the "good" category with an average score of 24.02. From data processing and data analysis carried out by researchers, there is a significant relationship between teacher creativity in using learning media and students' learning motivation of 0.494, and this correlation value is in the medium range. The results of the real level test which was carried out to find out whether the relationship was a real relationship or just a coincidence, obtained a result of 3.809> 0.288, indicating a real relationship between the two variables. The calculation of the coefficient of determination was even 24.4%, while the remaining 75.6% was influenced by other variables

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:37
Last Modified: 25 Oct 2023 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30873

Actions (login required)

View Item View Item