TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP JUAL BELI AKUN HIGGS DOMINO ISLAND DENGAN MENGGUNAKAN PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER (Studi di Desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan)

RENDI, RAMADHAN (2023) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP JUAL BELI AKUN HIGGS DOMINO ISLAND DENGAN MENGGUNAKAN PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER (Studi di Desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dalam jual beli merupakan perbuatan atau kebiasaan perilaku sosial masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Setiap jual beli terdapat objek berbeda-berbeda pula tergantung keperluan di setiap orangnya.. Salah satunya transaksi jual beli akun Higgs Domino Island itu sendiri. Namun pada kenyatannya terdapat beberapa kejadian yang menyebabkan jual beli akun Higgs Domino Island ini mendatangkan kerusakan bahkan kerugian. Padahal sesungguhnya jual beli sah dilakukan sepanjang telah memenuhi ketentuan syara‟. Adapun Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli akun higgs domino island dengan menggunakan pembayaran shopee paylater di desa jatimulyo? dan bagaimana Tinjauan fiqh muamalah Terhadap Praktik jual beli akun higgs domino island dengan menggunakan pembayaran shopee paylater di desa jatimulyo kecamatan jati agung kabupaten lampung selatan ? Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (fieldresearch) yang bersifat deskriptif analisis. Penelitian lapangan dilakukan untuk menghimpun data lapangan tentang kerja teknik pengumpulan data melalui wawancara (interview), observasi, dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui editing, dan analisis data. untuk mengamati skema jual beli dengan pembayaran Spaylater. kemudian mengambil sumber data primer, data sekunder, dan data tersier yang diperoleh melalui wawancara, dan observasi Berdasarkan hasil penelitian ini menemukan bahwa, praktik jual beli akun Higgs Domino Island ditawarkan penjual melalui sosial media dan kemudian di alihkan ke aplikasi shopee sebagai media transaksinya dengan harga yang bervariatif mulai dari Rp. 65.000,- sampai dengan Rp. 75.000,- per akunnya kepada pembeli yang memiliki tujuannya sendiri-sendiri dalam penggunaan akun tersebut. Transaksi jual beli akun Higgs Domino Island berdasarkan tinjauan fiqh muamalah terdapat unsur haram karena mengandung maysir atau perjudian. Kata Kunci: Higgs Domino Island,Pembayaran Shopee Paylater, Pandangan Fatwa Mui Tentang Keharaman Game Higgs Domino Island

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:44
Last Modified: 24 Oct 2023 07:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30867

Actions (login required)

View Item View Item