EFEKTIVITAS METODE KLARIFIKASI NILAI PADA PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN AFEKTIF PESERTA DIDIK DI MTS AL-MUHAJIRIN PANJANG

TRI, ASMARITA (2023) EFEKTIVITAS METODE KLARIFIKASI NILAI PADA PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN AFEKTIF PESERTA DIDIK DI MTS AL-MUHAJIRIN PANJANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Di dalam proses pendidikan dan pengajaran di madrasah mata pelajaran fiqih merupakan hal yang penting di dalam membina kepribadian anak didik agar tumbuh dan berkembang menjadi insan kamil, cerdas, terampil sekaligus bertaqwa kepada Allah SWT. Dengan adanya metode pembelajaran yang efektif maka akan terbentuk karakter peserta didik, terlebih dari itu akan membangun kesadaran peserta didik untuk berpakaian menurut syariat Islam. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan afektif peserta didik di MTs Al-Muhajirin Panjang. Penelitian ini adalah penelitian pendidikan agama Islam dengan menggunakan pendekatan studi kasualitas, dalam hal ini untuk mengamati dan menganalisis peserta didik kelas VIII di MTs Al-Muhajirin Panjang yang masih belum aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan angket. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah quasi eksperimen untuk membandingkan keefektifan metode klarifikasi nilai dan metode konvensional dalam pembelajaran fiqih, yakni data responden akan dikelompokkan menjadi dua kelas. Kelas eksperimen menggunakan metode klarifikasi nilai dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional, semua data akan diolah untuk menganalisis efektivitas metode klarifikasi nilai peserta didik kelas VIII di MTs Al-Muhajirin Panjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain Skore untuk kelas eksperimen eksperimen (Metode Klarifikasi Nilai) adalah sebesar 56.6314 atau 56.6% termasuk kategori cukup efektif dengan nilai N-Gain Score minimal 20.5% dan maximal 100%. Sementara untuk nilai rata-rata N-Gain Score untuk kelas kontrol sebesar 31.2767 atau 31.2%, termasuk kategori tidak efektif dengan nilai N-Gain Score minimal -82.6% dan maximal 90.4%. Maka dapat disimpulkan metode Klarifikasi Nilai cukup efektif dalam mengembangkan kemampuan afektif peserta didik di MTs Al�Muhajirin Panjang tahun pelajaran 2023/2024. Kata Kunci : efektivitas, kemampuan afektif, metode iv ABSTRACT In the education and teaching process at madrasas, the subject of fiqh is important in developing the personality of students so that they grow and develop into human beings, intelligent, skilled and devoted to Allah SWT. With effective learning methods, students' character will be formed, moreover, it will build students' awareness of dressing according to Islamic law. This research aims to analyze the affective abilities of students at MTs Al-Muhajirin Panjang. This research is research into Islamic religious education using a casuality study approach, in this case to observe and analyze class VIII students at MTs Al-Muhajirin Panjang who are still not active in learning. This research uses observation, documentation and questionnaire data collection techniques. This research method is quantitative and the type of research is quasi�experimental to compare the effectiveness of value clarification methods and conventional methods in learning fiqh, namely that respondent data will be grouped into two classes. The experimental class uses the value clarification method and the control class uses the conventional method. All data will be processed to analyze the effectiveness of the value clarification method for class VIII students at MTs Al-Muhajirin Panjang. The results of the research show that the average N-Gain Score value for the experimental class (Value Clarification Method) is 56.6314 or 56.6%, including the quite effective category with a minimum N-Gain Score value of 20.5% and a maximum of 100%. Meanwhile, the average N-Gain Score value for the control class is 31.2767 or 31.2%, including the ineffective category with a minimum N-Gain Score value of -82.6% and a maximum of 90.4%. So it can be concluded that the Value Clarification method is quite effective in developing the affective abilities of students at MTs Al-Muhajirin Panjang for the 2023/2024 academic year. Keywords: effectiveness, affective ability, method

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Oct 2023 05:03
Last Modified: 24 Oct 2023 05:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30863

Actions (login required)

View Item View Item