UPAYA GURU DALAM MENDISIPLIKAN ANAK USIA DINI DI KB SEBIDUK SEHALUAN TUNAS MUDA DESA CIPTA MUDA OKU TIMUR

RIZKA, PERMATA SARI (2023) UPAYA GURU DALAM MENDISIPLIKAN ANAK USIA DINI DI KB SEBIDUK SEHALUAN TUNAS MUDA DESA CIPTA MUDA OKU TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & 5 RIZKA PERMATA SARI.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RIZKA PERMATA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Disiplin merupakan salah satu nilai karakter yang sangat penting untuk ditanamkan pada anak. Kedisiplinan pada anak usia dini tidak muncul secara tiba-tiba tetapi dimulai rutinitas yang dilakukan secara konsisten setiap hari. Guru berperan penting dalam mendisiplinkan anak di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam mendisiplinkan anak usia dini di KB Sebiduk Sehaluan Tunas Muda Desa Cipta Muda OKU Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data , reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam mendisiplinkan anak usia dini di KB Sebiduk Sehaluan Tunas Muda Desa Cipta Muda OKU Timur yaitu: 1) Upaya guru yaitu melakukan penyadaran terhadap Perilaku anak yang beragam dengan cara memberikan arahan dan nasihat, serta memberikan hukuman yang mendidik kepada anak. 2) Strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi konsentrasi anak kurang yaitu ciptakan suasana kelas yang menyenangkan ajak anak berdiri dan bernyanyi terlebih dahulu agar anak bisa kembali fokus dalam pembelajaran. 3) Guru harus melakukan pembiasaan, penyadaran, dan pengawasan kepada anak kurang disiplin agar anak taat kepada peraturan tata tertib yang ada di sekolah atau di dalam kelas. Kata Kunci : Upaya Guru, Disiplin anak usia dini iii ABSTRACT Discipline is a very important character value to instill in children. Discipline in early childhood does not appear suddenly but begins with a routine that is carried out consistently every day. Teachers play an important role in disciplining children at school. The aim of this research is to determine the efforts of teachers in disciplining young children at the KB Sebiduk Sehaluan Tunas Muda, Cipta Muda OKU Timur Village. This research is descriptive qualitative research. Data collection techniques include interviews, observation and documentation. Data analysis uses data collection techniques, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Test the validity of the data using source triangulation. The results of the research found by the researcher can be concluded that the teacher's efforts in disciplining early childhood children at the KB Sebiduk Sehaluan Tunas Muda, Cipta Muda OKU Timur Village are: 1) The teacher's efforts are to raise awareness of various children's behavior by providing direction and advice, as well as providing educational punishment for children. 2) The strategy used by teachers to overcome children's lack of concentration is to create a pleasant classroom atmosphere, inviting children to stand and sing first so that children can refocus on learning. 3) Teachers must familiarize, raise awareness and supervise children who lack discipline so that children obey the rules and regulations at school or in the classroom. Keywords: Teacher efforts, early childhood discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Oct 2023 04:11
Last Modified: 24 Oct 2023 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30860

Actions (login required)

View Item View Item