ANALISIS PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP MARGIN MURABAHAH PADA BANK BRI SYARIAH PERIODE 2017-2021 (Studi di Bank BRI Syariah KC Kedaton Bandar Lampung)

TIARA, FEBRIANA (2023) ANALISIS PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP MARGIN MURABAHAH PADA BANK BRI SYARIAH PERIODE 2017-2021 (Studi di Bank BRI Syariah KC Kedaton Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover bab 1+bab 5&dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pembiayaan murabahah merupakan akad jual beli barang dengan menyatakan harga perolehan dan keuntungan (margin) yang disepakati oleh penjual dan pembeli. Fenomena yang terjadi adalah dalam menghitung keuntungan murabahah, bank syariah menggunakan pendekatan base lending rate karena dalam perhitungan keuntungan murabahah belum ada rumusan yang baku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pembiayaan Murabahah Terhadap Margin Murabahah Pada Bank BRI Syariah Periode 2017-2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang akan meneliti Pembiayaan Murabahah dalam Margin Murabahah pada Bank BRI Syariah periode 2017-2021 pada Bank BRI Syariah KC Kedaton Bandar Lampung. Hasil dari penelitian ini adalah variabel Pembiayaan Murabahah secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap Margin Murabahah pada Bank BRI Syariah. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi yaitu 0.000 < 0.05. Pengaruh Pembiayaan Murabahah Terhadap Margin Murabahah Pada Bank BRI Syariah menurut perspektif ekonomi syariah adalah Margin Murabahah dapat ditentukan baik dalam bentuk suatu lump sum atau dengan menetapkan rasio tertentu terhadap harga beli barang di Bank. Kata Kunci : Margin Murabahah, Pembiayaan Murabahah, Regresi Linier Sederhana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:51
Last Modified: 24 Oct 2023 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30856

Actions (login required)

View Item View Item