PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN (Studi Mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama UIN Raden Intan Lampung)

MARIATI, SUTRIMO (2023) PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN (Studi Mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Instagram adalah media yang memberikan kemudahan cara berbagi secara onlaine oleh foto-foto, video dan juga layanan jejaring sosial yang dapat digunakan pengguna untuk mengambil dan membagi ke teman mereka. Semua kegiatan yang dilakukan seolah�olah harus diunggah atau dibagikan melalui media sosial agar semua orang dapat mengetahui apa yang sedang dilakukan atau yang sedang terjadi. Di kalangan mahasiswa media sosial ini sangat diminati, mereka sangat aktif dan eksis di berbagai media terutama di Instagram. Selain itu Instagram juga sebagai sarana komunikasi, sarana informasi dan sebagai sarana hiburan. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pengaruh media sosial Instagram terhadap perilaku sosial keagamaan mahasiswa sosiologi agama UIN Raden Intan Lampung dan bagaimana perubahan perilaku sosial keagamaan mahasiswa sosiologi agama UIN Raden Intan Lampung. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun sifat dari penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif yaitu penulis akan mendeskripsikan dan memberikan gambaran data temuam yang ada di lapangan. Metode pengumpulan data berupa observasi yang dimana peneliti berkomunikasi secara verbal dalam bentuk percakapan untuk memperoleh gambaran umum deskripsi lokasi penelitian. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan sosiologis dan pendekatan fenomenologis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Instagram dimanfaatkan sebagai media untuk berbagai informasi, komunikasi dan hiburan. Namun dengan perkembangannya Instagram juga digunakan sebagai media aktualisasi diri, dimana melalui Instagram keperibadian seseorang dapat dinilai berkaitan dengan apa yang dipostingnya, baik dalam bentuk foto, maupun video. Motif penggunaan media sosial Instagram pada mahasiswa sosiologi agama menjadi tiga yaitu sebagai sarana komunikasi, sebagai saranan informasi dan sebagai sarana hiburan. Mahasiswa pengguna Instagram dapat terpengaruh dalam perilaku sehari-hari yang dicerminakan nilai�nilai sosial keagamaan melalui memanfaatkan fitur hastag (#) dapat memotivasi untuk melaksanakan kegiatan sosial keagamaan seperti interaksi sosial, bakti sosial, beribadah kepada Allah SWT, menghormati orang tua, tidak berlebihan dalam hal duniawi, perduli terhadap sesama dan lain-lain baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Perubahan perilaku sosial keagamaan karena akibat dari proses interaksi manusia yang mencakup keseluruhan aspek kehidupan. Intagram dapat membentuk jati diri personal branding, jiwa empati, jiwa simpati dan mengubah gaya hidup mahasiswa yang mengalami perilaku konsimtif atau berlebih-lebihan. Kata Kunci : Media sosial, Instagram, Perilaku Sosial Keagamaan Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:44
Last Modified: 24 Oct 2023 02:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30855

Actions (login required)

View Item View Item