PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSAURI MATEMATICS PROJECT (MMP)TERHADAP PENINGKATANKEMAMPUAN METAKOGNITIF DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK

AAN, ROHANIAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSAURI MATEMATICS PROJECT (MMP)TERHADAP PENINGKATANKEMAMPUAN METAKOGNITIF DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AAN ROHANIAH .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Metakognitif adalah kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah, mengambil keputusan, berpikir kritis dan berpikir kreatif yang menggunakan proses berpikirnya untuk menghasilkan ide yang baru dan kontruktif. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan metakognitif peserta didik kelas VII SMP N 3 Jati Agung masih rendah, hal ini disebabkan kurang bervariasi proses pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan model pembelajaran Missauri Matematics Project (MMP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missauri Matematics Project (MMP) terhadap peningkatan kemampuan metakognitif ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimen Design dengan penelitian factorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik SMP N 3 Jati Agung, dengan teknik acak kelas didapat sampelnya yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah tes peningkatan kemampuan metakognitif dan angket gaya kognitif peserta didik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dua variansi dua jalan sel tak sama. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji analisi variansi dua jalan sel tak sama diperoleh ditolak dan diterima dan diterima. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Missauri Matematics Project (MMP) terhadap peningkatan kemampuan metakognitif. (2) tidak terdapat pengaruh gaya kognitif peserta didik terhadap peningkatan kemampuan metakognitif. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Missauri Matematics Project (MMP) dengan gaya kognitif peserta didik terhadap peningkatan kemampuan metakognitif. Kata Kunci: Model Pembelajaran Missauri Matematics Project (MMP), Gaya kognitif dan Peningkatan Kemampuan metakognitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:42
Last Modified: 24 Oct 2023 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30854

Actions (login required)

View Item View Item