STRATEGI TELEMARKETING UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DALAM PENGGUNAAN MOBILE BANKING MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung)

RANI, NURMANISWARA (2023) STRATEGI TELEMARKETING UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DALAM PENGGUNAAN MOBILE BANKING MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of RANI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap perusahaan bisnis pasti memiliki produk atau jasa yang mereka miliki, Salah satu contohnya adalah BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung, BSI ini memiliki produk atau jasa yaitu Mobile banking. Karena masih banyak nasabah yang belum menggunakan mobile banking, BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung melakukan strategi yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah nasabahnya menggunakan mobile banking. Strategi yang dipilih perusahaan ini yaitu strategi telemarketing, alasan memilih strategi telemarketing karena telemarketing bisa menghemat biaya dan waktu serta telemarketing dapat mendekatkan bank dengan nasabah. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk melihat bagaimana sebenarnya praktik telemarketing dan bagaimana strategi telemarketing dalam pandangan perspektif ekonomi Islam. Jenis Penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh karyawan BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung yang berjumlah orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobabilitas, jenis sampling yang dilakukan adalah dengan teknik sampling jenuh, sampel yang digunakan berjumlah orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan metode Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolaan data dengan cara Reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti peroleh menunjukan bahwa strategi telemarketing yang dilakukan BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung dilakukan berdasarkan dengan teori manajemen strategi yang di dalam kegiatan strategi telemarketing memiliki perencanaan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Kendala yang dihadapi saat melakukan telemarketing yaitu terdapat nomor telepon yang sudah tidak aktif dan tidak mengangkat. Strategi telemarketing yang dilakukan BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung Sudah cukup efektif dalam meningkatkan pengguna mobile banking. Hal ini dapat dilihat terdapat dari nasabah yang berhasil dihubungi dan melakukan aktivasi mobile banking. Berdasarkan ekonomi Islam strategi telemarketing ini dilakukan menggunakan akad tabbaru dan prinsip syariah. Kata Kunci : Strategi Telemarketing, Mobile Banking, Ekonomi Islam. ABSTRACT Every business company must have a product that they have. One example is the BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung, this BSI has a product or service, namely Mobile banking. Because there are still many customers who do not yet use mobile banking, BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung has implemented a strategy aimed at increasing the number of customers using mobile banking. The strategy chosen by this company is the telemarketing strategy, the reason for choosing a telemarketing strategy is because telemarketing can save costs and time and telemarketing can bring banks closer to customers. Based on this background, researchers are interested in seeing how telemarketing practices actually are and how telemarketing strategies are in view of an Islamic economic perspective. The type of research in this thesis is field research. This research uses qualitative and descriptive methods consisting of primary data sources and secondary data sources. The population of this research is all BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung employees, a total of people. The sampling technique in this study used a non-probability technique, the type of sampling, carried out was saturated sampling technique, the sample used was people. Data collection techniques are used by the method of observation interviews and documentation. Data analysis techniques used by means of data reduction, data presentation and drawing conclusions Based on the results of the research that the researchers obtained, it showed that the telemarketing strategy carried out by BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung was carried out based on strategic management theory which in telemarketing strategy activities had strategic planning, strategy implementation and strategy evaluation. The obstacles faced when carrying out telemarketing are telephone numbers that are no longer active and do not pick up, besides that there is no special employee on duty as a telemarketer. The telemarketing strategy carried out by BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung has been quite effective in increasing mobile banking users. It can be seen that of the customers have successfully contacted and activated mobile banking. Based on Islamic economics, this telemarketing strategy is carried out using a tabbaru contract and sharia prinsiples. Keywords: Telemarketing Strategy, Mobile Banking, Islamic Economics.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:19
Last Modified: 24 Oct 2023 02:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30852

Actions (login required)

View Item View Item