PENGARUH IMPLEMENTASI ETIKA KERJA ISLAM DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA RUMAH SAKIT X KOTA BANDAR LAMPUNG

Ahmadiani, Lintang Maulidiah (2023) PENGARUH IMPLEMENTASI ETIKA KERJA ISLAM DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA RUMAH SAKIT X KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi lintang 135.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi lintang full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rumah sakit X berusaha memperbaiki pelayanan yang terbaik pada pasien namun kenyataanya tetap terjadi gap antara harapan yang diinginkan pasien dengan perlakuan yang diterima pada saat memanfaatkan pelayanan kesehatan. Kondisi menurunnya jumlah karyawan dan kunjungan pasien menjadi permasalahan yang harus diperhatikan oleh manajerial rumah sakit. Etika kerja Islami merupakan penyebab tinggi rendahnya kinerja karyawan. Etika kerja Islami bisa memperkuat atau memperlemah hubungan antara penilaian kinerja dan kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 332 responden. Tujuannya adalah untuk penelitian meliputi pengaruh etika kerja Islam dan kualitas pelayanan terhadap kinerja karyawan secara parsial dan simultan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran kuesioner. Data diolah dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan atau bersamaan dari seluruh variabel independen yaitu etika kerja islam dan kualitas pelayanan terhadap kinerja karyawan. Dalam uji T (parsial), Variabel Etika Kerja Islam menunjukkan nilai thitung sebesar 6,025 dengan signifikansi sebesar 0,000 dan nilai ttabel sebesar 1,650 dengan jumlah N=332, sehingga nilai Thitung > Ttabel dan nilai signifikansi berada di bawah 0,05 atau nilai signifikansi thitung (0,000) < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa variabel etika kerja Islam berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Variabel Kualitas Pelayanan menunjukkan nilai Thitung sebesar 8,392 dengan signifikansi sebesar 0,000 dan nilai Ttabel sebesar 1,650 dengan jumlah N=332, sehingga nilai Thitung > Ttabel dan nilai signifikansi berada di bawah 0,05 atau nilai signifikansi thitung (0,000) < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Kata Kunci : Etika Kerja Islam, Kualitas Pelayanan, dan Kinerja Karyawan. Abstract Hospital The condition of the decreasing number of employees and patient visits is a problem that must be paid attention to by hospital management. Islamic work ethics are the cause of high and low employee performance. Islamic work ethics can strengthen or weaken the relationship between performance appraisal and employee performance. This research uses quantitative methods. The sample used in this research was 332 respondents. The aim is to conduct research covering the influence of Islamic work ethics and service quality on employee performance partially and simultaneously. The data collection technique used was distributing questionnaires. Data was processed using SPSS version 25. The research results show that there is a simultaneous or simultaneous influence of all independent variables, namely Islamic work ethics and service quality on employee performance. In the T test (partial), the Islamic Work Ethics variable shows a tcount value of 6.025 with a significance of 0.000 and a ttable value of 1.650 with a total of N=332, so that the tcount > Ttable and the significance value is below 0.05 or the tcount significance value ( 0.000) < 0.05. So it can be concluded that H1 is accepted and H0 is rejected. This shows that the Islamic work ethics variable has a significant positive effect on employee performance. The Service Quality variable shows a T value of 8.392 with a significance of 0.000 and a T table value of 1.650 with a total of N=332, so that the T value > T table and the significance value is below 0.05 or the significance value of t count (0.000) < 0.05. So it can be concluded that H1 is accepted and H0 is rejected. This shows that the service quality variable has a significant positive effect on employee performance. Keywords: Islamic work ethics, Quality of Services, and Employee Performance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:58
Last Modified: 24 Oct 2023 01:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30850

Actions (login required)

View Item View Item