PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LAPS - HEURISTIC TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

ENNY, HIDAYATI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LAPS - HEURISTIC TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1&2 + DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan komunikasi matematis merupakan merupakan salah satu cara untuk menyampaikan ide – ide dalam pemecahan masalah dan strategi serta solusi maematika baik secara tertulis maupun juga lisan sedangkan kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan mengaitkan konsep-konsep matematika itu sendiri maupun mengaitkan konsep matematika dengan bidang lainnya. Berdasarkan hasil pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi dan koneksi siswa SMP Negeri 01 Sungai Are masih rendah, terlihat dalam proses penyelesaian masalah, siswa kurang mampu dalam memahami maksud dari soal, tidak mengoreksi kembali jawaban setelah mengerjakan dan tidak mencari alternative lain dari permasalahan soal tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian dengan menggunakan model Logan Avenue Problem Solving-Heuristik(LAPS-Heuristik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristik(LAPS�Heuristik) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan koneksi matematis ditinjau dari gaya belajar siswa . Penelitian ini merupakan penelitian Quasy eksperimental design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Sungai Are . Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis, tes kemampuan koneksi matematis dan angket gaya belajar siswa. Pengujian hipotesis menggunakan two way manova , dengan taraf signifikan 5%. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normallitas dan homogenitas. Pengolahan data ini menggunakan bantuan SPSS 25 dan Ms. Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Laps-Heuristic dan model pembelaran ekspositori terhadap kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis lebih baik dengan menerapkan model Laps- iii heuristic dibandingkan dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Laps�Heuristic dan model pembelaran ekspositori terhadap kemampuan koneksi matematis. Kemampuan koneksi matematis lebih baik dengan menerapkan model Laps-heuristic dibandingkan dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori. (3) Tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Namun, berdasarkan perhitungan uji lanjut, gaya belajar auditori lebih baik dari pada visual dan kinestetik pada kemampuan komunikasi matematis. (4) Tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Berdasarkan hasil uji lanjut gaya belajar visual lebih baik dibandingkan gaya belajar auditori dan kinestetik pada kemampuan koneksi matematis siswa. (5) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Laps-heuristic, model pembelajaran ekspositori dan gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis. (6) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Laps-heuristic, model pembelajaran ekspositori dan gaya belajar terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Kata Kunci : Logan Avenue Problem Solving-Heuristik (LAPS�Heuristik), kemampuan komunikasi matematis, kemampuan Koneksi Matematis, gaya belajar. iv Abstract Mathematical communication ability is a way to convey ideas in problem solving and mathematical strategies and solutions both in writing and orally while mathematical connection ability is the ability to relate mathematical concepts themselves or relate mathematical concepts to other fields. Based on the results of pre-research, it shows that the communication and connection skills of SMP Negeri 01 Sungai Are students are still low, seen in the problem solving process, students are less able to understand the meaning of the problem, do not re-correct the answer after working and do not look for other alternatives to the problem problem. To overcome these problems, research was conducted using the Logan Avenue Problem Solving�Heuristic model (LAPS-Heuristic). This study aims to determine whether there is an effect of the Logan Avenue Problem Solving Heuristic (LAPS-Heuristic) learning model on mathematical communication skills and mathematical connections in terms of student learning styles. This research is a Quasy experimental design. The population of this research is all students of class VIII SMP Negeri 01 Sungai Are. Sampling technique with cluster random sampling. Data collection techniques used were mathematical communication ability test, mathematical connection ability test and student learning style questionnaire. Hypothesis testing using two way manova, with a significant level of 5%. Previously, prerequisite tests were carried out which included normality and homogeneity tests. This data processing uses the help of SPSS 25 and Ms. Excel. The results of this study indicate that, (1) There is an effect of Laps�Heuristic learning model and expository learning model on mathematical communication skills. Mathematical communication skills are better by applying the Laps-Heuristic model than by applying the expository learning model. Heuristic model compared to applying the expository learning model. (2) There is an effect of Laps�Heuristic learning model and expository learning model on mathematical connection ability. Mathematical connection ability is v better by applying the Laps-heuristic model than by applying the expository learning model. (3) There is no effect of learning style on students' mathematical communication ability. However, based on further test calculation, auditory learning style is better than visual and kinesthetic on mathematical communication ability. (4) There is no effect of learning style on students' mathematical connection ability. Based on further test results, visual learning style is better than auditory and kinesthetic learning styles on students' mathematical connection skills. (5) There is no interaction between Laps-heuristic learning model, expository learning model and learning style on mathematical communication ability. (6) There is no interaction between Laps-heuristic learning model, expository learning model and learning style on students' mathematical connection ability. Keywords: Logan Avenue Problem Solving-Heuristic (LAPS�Heuristic), mathematical communication skills, mathematical connection skills, learning styles.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Oct 2023 08:13
Last Modified: 23 Oct 2023 08:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30849

Actions (login required)

View Item View Item