PENGARUH METODE QIRO’ATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS IV DI MIS BANII SAALIM BANDAR LAMPUNG

Kholishotul, Istianah (2023) PENGARUH METODE QIRO’ATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS IV DI MIS BANII SAALIM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK KHOLISATUL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil prapenelitian, kegiatan pembelajaran Al�Quran Hadist di MIS Banii Saalim diperoleh gambaran bahwasannya proses belajar mengajarberjalan dengan lancerberkenaan dengan penerapan metode belajarnya sudahvariatif salah satunya yaitu metode Iqro’. Namun meskipun guru sudah menggunakan metode pembelajaran membaca Al-Qur’an yang bervariatif nilai kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik masih belum maksimal, banyak peserta didik yang membacanya kurang lancar dan terbata-bata dalam melafadzkan huruf-huruf hijaiyyah sesuai dengan makhorijul huruf dengan baik dan benar, Juga belum mampu mempraktekkan hukum�hukum tajwid dasar dengan baik ketika membaca Al Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan metode Qiro’ati terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas IV MIS Banii Saalim Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Desai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIS banii Saalim dengan jumlah 41 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Non Probability Sampling. Yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas IVA dengan jumlah 20 peserta didik dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 Peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas dan homogenitas, data kemampuan membaca Al-Quran peserta didik yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent-Sampel t-test diperoleh Sig. (2- tailed) adalah 0,032 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada perbedaan skor posttest peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa berdasarkan uji hipotesis terdapat pengaruh pada penggunaan metode Qiro’ati terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas IV MIS Banii Saalim Kata Kunci: Metode Qiro’ati, Kemampuan Membaca Al-Quran iii ABSTRACT Based on the results of the pre-research, the Al-Quran Hadith learning activities at MIS Banii Saalim obtained an illustration that the teaching and learning process runs smoothly with regard to the application of learning methods that are varied, one of which is the Iqro method. However, even though the teacher has used Al-Qur'an reading learning methods which vary in the value of the ability to read the Al-Qur'an students are still not optimal, many students read it less fluently and stammer in pronouncing hijaiyyah letters in accordance with the makhorijul letters properly and correctly, also not being able to practice basic tajwid laws properly when reading the Qur'an. This study aims to determine whether there is a significant effect of using the Qiro'ati method on the ability to read the Koran in the Al-Qur'an Hadith subject in class IV MIS Banii Saalim Bandar Lampung. The type of research used in this research is Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design. The population in this study were all students of class IV MIS banii Saalim with a total of 41 students. The sampling technique used is the Non Probability Sampling technique. Those selected as the experimental class were class IVA with a total of 20 students and class IVB as the control class with a total of 21 students. Based on the results of the normality and homogeneity test calculations, the data on students' Al-Quran reading ability obtained was normal and homogeneous, then a hypothesis test was carried out using the Independent-Sample t-test obtained Sig. (2-tailed) is 0.032 <0.05 so that H0 is rejected and H1 is accepted, meaning that there is a difference in the posttest scores of students in the experimental class and the control class. The results of this study can be seen that based on hypothesis testing there is an influence on the use of the Qiro'ati method on the ability to read the Koran in the Al-Qur'an Hadith subject in class IV MIS Banii Saalim. Keywords: Qiro'ati Method, Ability to Read Al-Quran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Oct 2023 08:04
Last Modified: 23 Oct 2023 08:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30848

Actions (login required)

View Item View Item