PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTs YAYASAN PENDIDIKAN SANTUNAN ISLAM(YAPSI) SUMBERJAYA KABUPATEN LAMPUNG BARAT

USI, ELISTATIA (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTs YAYASAN PENDIDIKAN SANTUNAN ISLAM(YAPSI) SUMBERJAYA KABUPATEN LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kepemimpinan kepala madrasah merupakan kemampuan seseorang dalam mempengaruhi, mengarahkan, membimbing, menggerakkan dan memotivasi para guru dan staf untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, sehingga tercapai tujuan madrasah dengan efektif dan efisien. kepemimpinan kepala madrasah sangat berpengaruh dalam kinerja guru. Kinerja guru adalah suatu kondisi yang menunjukkan kemampuan guru dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya di madrasah selama melakukan aktivitas pembelajaran dan dapat memberikan dorongan serta pengaruh kepada peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dan berjalan dengan baik serta sesuai dengan yang diharapkan. Dari penjelasan tersebut penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Apakah terdapat pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs YAPSI Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru MTs YAPSI Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun populasi pada penelitian ini adalah guru MTs YAPSI Sumberjaya Lampung Barat. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh, yang mana seluruh anggota populasi dijadikan sampel yakni berjumlah 20 guru. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari kuesioner di analisis menggunakan SPSS. Untuk uji validitas menggunakan korelasi Product Moment, untuk uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha dan pada uji normalitas menggunakan Kolmogrov Smirnov, sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs YAPSI Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat. dilihat dari hasil uji Persial (Uji-T), hasil nilai Thitung sebesar 3,212 dan nilai Ttabel sebesar 2,086 dengan nilai signifikansi 0,005. Dengan kriteria pengujian Thitung > Ttabel dan jika Signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh yang Signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs YAPSI Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat. Kemudian pada iv perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa nilai R square sebesar 0,364 yakni pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs YAPSI Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat sebesar 36,4%. Artinya pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru berada pada kategori rendah dari jumlah keseluruhan 100%. Namun demikian, dapat disarankan untuk kepala madrasah sebaiknya lebih mengontrol guru dalam pembuatan perencanaan pembelajaran serta pelaksanaan pembelajaran dan memberikan pengawasan terhadap guru agar kinerjanya meningkat. Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Kinerja Guru v ABSTRACT Madrasah leadership is a person's ability to influence, direct, guide, mobilize and motivate teachers and staff to carry out their duties and responsibilities as well as possible, so that the objectives of the madrasa are achieved effectively and efficiently. the leadership of the madrasa head is very influential in teacher performance. Teacher performance is a condition that shows the teacher's ability to carry out their duties and responsibilities in madrasas while carrying out learning activities and can provide encouragement and influence to students so that learning objectives can be achieved and run well and as expected. From this explanation, the authors formulated the problem as follows: Is there any influence from the leadership of the madrasa head on teacher performance at MTs YAPSI Sumberjaya, West Lampung Regency? The purpose of this study was to determine the effect of the leadership of the madrasah head on the performance of teachers at MTs YAPSI Sumberjaya, West Lampung Regency. This research uses quantitative methods. The population in this study were YAPSI Sumberjaya MTs teachers, West Lampung. Sampling in this study used saturated sampling, in which all members of the population were sampled, amounting to 20 teachers. Research data obtained through questionnaires and documentation. The data obtained from the questionnaire were analyzed using SPSS. To test the validity using the Product Moment correlation, to test the reliability using Cronbach's Alpha and the normality test using Kolmogrov Smirnov, while to analyze the data using simple linear regression analysis. The results showed that there was an influence between the leadership of the madrasa head on teacher performance at MTs YAPSI Sumberjaya, West Lampung Regency. seen from the results of the Persian test (T-Test), the results of the Tcount value were 3.212 and the Ttable value was 2.086 with a significance value of 0.005. With the test criteria Tcount > Ttable and if Significance <0.05 then H0 is rejected so that there is a significant influence between the leadership of the madrasa head on teacher performance at MTs YAPSI Sumberjaya, West Lampung Regency. Then in calculating the coefficient of determination it is known that the R square value is 0.364, namely the influence of the leadership of the madrasah head on teacher performance at vi MTs YAPSI Sumberjaya, West Lampung Regency, amounting to 36.4%. This means that the influence of the madrasa head's leadership on teacher performance is in the low category of the total 100%. However, it can be suggested that the head of the madrasah should control the teacher more in making lesson plans and implementing learning and provide supervision of teachers so that their performance increases. Keywords: Leadership, Principal, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:33
Last Modified: 23 Oct 2023 07:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30845

Actions (login required)

View Item View Item