MANAJEMEN STRATEGI BISNIS SYARIAH DI HOTEL NUSANTARA BANDAR LAMPUNG DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA DAKWAH

Tomi, Saputra (2023) MANAJEMEN STRATEGI BISNIS SYARIAH DI HOTEL NUSANTARA BANDAR LAMPUNG DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA DAKWAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI TOMI SAPUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam perkembangan dunia bisnis berbasis Syariah sekarang ini semakin banyak. Salah satunya yang menjadi tren sekarang munculnya hotel berbasis syariah. Hotel Syariah merupakan sebuah konsep perpaduan antara bisnis hotel konvensional dengan memasukkan beberapa prinsip (aturan/nilai-nilai) Islam didalamnya. Hotel semacam ini termaksud hotel nusantara syariah yang terbilang baru, namun banyak diminati masyarakat. Banyaknya tanggapan dan pandangan miring yang dialamatkan kepada beberapa hotel pada umumnya menjadikan beberapa pelaku bisnis berpikir dan berusaha membuat sebuah konsep baru yang sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku didalam masyarakat dan agama sert a menjadi salah satu cara dalam pengembangan lembaga dakwah dalam bisnis syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah pengumpulan data pada suatu latar alamiah dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari generalisasi. Subjek penelitian ini menggunakan satu karyawan dan dua pengunjung hotel nusantara syariah Bandara Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan dalam hasil penelitian ini, terdapat kesimpulan yaitu hotel nusantara syariah melalui strategi kualitas pelayanan merupakan suatu penerapan strategi yang biasa dilakukan oleh setiap perusahaan untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan oleh perusahaan. Salah satu strategi yang dilakukan yaitu dengan memberikan pelayanan yang baik kepada tamu/ pengunjung. Dalam melakukan pelaksanaan itu hotel Nusantara Syariah Bandar Lampung mempunyai cara tersendiri agar yang diterapkan itu bisa sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan. Proses yang dilakukan hotel Nusantara Syariah Bandar Lampung dalam menerapkan kebijakan terkait pelayanan pihak hotel Nusantara Syariah Bandar Lampung yaitu dengan menerapkan standarisasi hotel yaitu 3S (Senyum, Salam, Sapa) hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan konsumen, kepercayaan dan loyalitas tamu terhadap hotel Nusantara Syariah Bandar Lampung. Sehingga iii manajemen strategi bisnis syariah dalam menggunakan konsep pelayanan pengunjung hotel Nusantara Syariah Bandar Lampung dapat menjadi pengembang lembaga dakwah melalui sebuah manajemen strategi sebuah bisnis sesuai dengan pada teori manajeman strategi dan dapat berkembang dengan baik dalam berbisnis melalui bisnis syariah. Kata Kunci : Manajemen strategi, bisnis syariah, lembaga dakwah iv ABSTRACT In the development of the world of Sharia-based business today there are more and more. One of them that is becoming a trend now is the emergence of sharia-based hotels. Hotel Syariah is a combination concept between conventional hotel business by incorporating several Islamic principles (rules/values) in it. This kind of hotel is meant as a sharia archipelago hotel which is relatively new, but is in great demand by the public. The many responses and oblique views addressed to several hotels in general have made some business people think and try to create a new concept that is in accordance with the norms and rules that apply in society and religion and is one of the ways in developing da'wah institutions in sharia business. This study uses a qualitative descriptive research method. Qualitative research is data collection in a natural setting with the intention of interpreting phenomena that occur where the researcher is a key instrument, sampling of data sources is carried out purposively, collection techniques are triangulation (combined), data analysis is inductive or qualitative, and the results of qualitative research are more emphasize the meaning of generalizations. The subject of this study used one employee and two visitors to the Nusantara Syariah Hotel, Lampung Airport. The data collection technique used in this research is using interview data collection techniques, observation and documentation. Based on the results of this study indicate that the implementation of the results of this study, there is a conclusion that the Islamic archipelago hotel through a service quality strategy is an implementation of a strategy that is usually carried out by every company to achieve a goal desired by the company. One strategy is to provide good service to guests / visitors. In carrying out the implementation, the Nusantara Syariah Bandar Lampung hotel has its own way so that what is implemented can be according to what the company wants. The process carried out by the Nusantara Syariah Bandar Lampung hotel in implementing policies related to the services of the Nusantara Syariah Bandar Lampung hotel is by implementing hotel standardization namely 3S (Smile, Greeting, Greet) this aims to v increase customer satisfaction, trust and guest loyalty to the Nusantara Syariah Bandar hotel Lampung. So that the management of sharia business strategy in using the concept of visitor service at the Nusantara Syariah Bandar Lampung hotel can become a developer of da'wah institutions through a strategic management of a business in accordance with the theory of strategy management and can develop well in doing business through sharia business. Keywords: Strategic management, sharia business, da'wah institutions

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:19
Last Modified: 23 Oct 2023 07:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30844

Actions (login required)

View Item View Item