PENGARUH LITERASI, RELIGIUSITAS DAN PROMOSI TERHADAP MINAT PADA KALANGAN CIVITAS AKADEMIKA MENGGUNAKAN PRODUK ASURANSI SYARIAH (Studi Pada Kalangan Civitas Akademika UIN Raden Intan Lampung dan IAIN Metro)

NIKEN, EKOWATI (2023) PENGARUH LITERASI, RELIGIUSITAS DAN PROMOSI TERHADAP MINAT PADA KALANGAN CIVITAS AKADEMIKA MENGGUNAKAN PRODUK ASURANSI SYARIAH (Studi Pada Kalangan Civitas Akademika UIN Raden Intan Lampung dan IAIN Metro). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Asuransi syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang atau pihak melalui investasi dalam bentuk asset dan atau tabarru yang memberikan pola pengambilan untuk menghadapi resiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah. Untuk mendukung tumbuhnya asuransi syariah diperlukan adanya pemahaman dan kesadaran masyarakat melalui literasi asuransi syariah dan promosi yang dilakukan perusahaan asuransi syariah. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi, religiusitas dan promosi terhadap minat pada kalangan civitas akademika menggunakan produk asuransi syariah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), dan sifat penelitian ini yaitu asosiatif klausal, pendekatan dalam penelitian ini secara kuantitatif. tempat pelaksanaan penelitian ini di UIN Raden Intan Lampung dan IAIN Metro. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, populasi dalam penelitian ini berjumlah 1420 orang, sampel dalam penelitian ini berjumlah 93 orang, metode pengumpulan data meliputi observasi, kuesioner, dan dokumentasi dan dianalisis dengan SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa literasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pada kalangan civitas akademika menggunakan produk asuransi syariah. Religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pada kalangan civitas akademika menggunakan produk asuransi syariah. Promosi tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pada kalangan civitas akademika menggunakan produk asuransi syariah. literasi, religiusitas, dan promosi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pada kalangan civitas akademika menggunakan produk asuransi syariah. Kata Kunci: Asuransi Syariah, Literasi, Religiusitas, dan Promosi iii ABSTRACT Sharia insurance is an effort to protect each other and help each other among a number of people or parties through investment in the form of assets and/or tabarru which provides a pattern of taking to face certain risks through contracts that are in accordance with sharia. To support the growth of sharia insurance, public understanding and awareness is needed through sharia insurance literacy and promotions carried out by sharia insurance companies. Apart from that, this research aims to determine the influence of literacy, religiosity and promotion on interest among the academic community in using sharia insurance products. This study adopts a field research approach, and its nature is associative in clause, employing a quantitative research method. The research takes place at UIN Raden Intan Lampung and IAIN Metro. The data sources include primary and secondary data, with a population of 1420 individuals and a sample size of 93 people. Data collection methods consist of observations, questionnaires, and documentation, and the data is analyzed using SPSS 25. Based on the research findings, it is concluded that literacy has a positive and significant influence on the interest of academic community members in using sharia insurance products. Religiosity also has a positive and significant influence on their interest in using sharia insurance products. On the other hand, promotion does not have a positive and significant influence on the interest of academic community members in using sharia insurance products. However, when taken together, literacy, religiosity, and promotion have a significant influence on the interest of academic community members in using sharia insurance products. Keywords: Sharia Insurance, Literacy, Religiosity, Promotion.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Oct 2023 06:34
Last Modified: 23 Oct 2023 06:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30841

Actions (login required)

View Item View Item