UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN BALOK DI TAMAN KANAK-KANAK BANGSA RATU SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

Soleka, S (2018) UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN BALOK DI TAMAN KANAK-KANAK BANGSA RATU SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_SOLEKA.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan belum optimalnya mengembangkan kognitif anak dikarenakan proses pembelajaran yang berlangsung lebih dirahkan pada pola pembelajaran monoton. Seharusnya guru dalam mengajar lebih banyak memberikannya dengan kegiatan bermain, karena bermain menjadi wahana penting bagi anak untuk mengembangkan segala potensinya. Dalam tujuan untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 Tahun pada tahapan pra-oprsional, dengan indikator yaitu perkembangan kognitif anak dalam menggunakan simbol, mengklasifikasikan benda, memahami angka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Upaya Guru dalam Mengembangkan Kognitif Anak melalui Bermain Balok di Taman Kanak-Kanak Bangsa Ratu Sukabumi Bandar Lampung?”, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan kognitif anak melalui bermain balok di Taman Kanak-Kanak Bangsa Ratu Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 20 anak. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi sebagai metode pokok, metode wawancara untuk mengetahui sejauh mana penerapan media bermain balok dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak, sedangkan metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian. Data dianalisis secara reduksi data, display data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat penulis simpulkan bahwa kemampuan kognitif anak berkembang lebih optimal jika guru lebih memaksimalkan penerapan media bermain balok dengan berdasarkan langkah-langkah serta indikator pencapaian yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Yaitu Pemilihan tema yang ingin dicapai, member kesempatan pada anak untuk pengalam langsung dengan memegang media balok, membagi anak dalam beberapa kelompok, member kesempatan pada anak untuk tanya jawab, menunjukkan benda-benda yang anak di buat oleh peserta didik, member kesempatan pada anak unruk memperoleh pengalam langsung dalam berbagai antifitas, dan evaluasi. Dilihat dari delapan langkah tersebut, mengembangkan kognitif melalui bermain balok di Taman Kanak-Kanak Bangsa Ratu Sukabumi dapat dikatakan sangat baik dengan melihat perkembangan kognitif yaitu 9 anak yang sudah berkembang sangat baik, terdapat 7 anak yang sudah berkembang sesuai harapan dan terdapat 4 anak yang mulai berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 24 Jan 2018 06:55
Last Modified: 24 Jan 2018 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3084

Actions (login required)

View Item View Item