META-ANALISIS PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DI INDONESIA

NADA, SHOFURA AFIFAH (2023) META-ANALISIS PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DI INDONESIA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NADA SHOFURA AFIFAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK META-ANALISIS PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DI INDONESIA Oleh : Nada Shofura Afifah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat nilai effect size pada pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) terhadap Keterampilan Proses Sains yang ditinjau dari jenjang pendidikan, wilayah dan materi. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan teknik meta-analisis dengan melalui beberapa tahapan, yaitu : 1) menetapkan masalah, 2) pengumpulan data, 3) analisis dan mengkonversi data, 4) menentukan rata-rata, 5) mempertimbangkan variansi pada efek yang didapat. Hasil penelitian ini adalah terdapat nilai effect size pada pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) terhadap Keterampilan Proses Sains di Indonesia yang ditinjau dari jenjang pendidikan sebesar 0,546 dengan kategori Efek Tinggi, ditinjau dari wilayah Indonesia wilayah bagian barat dan wilayah bagian tengah sebesar 0,542 dengan kategori Efek Tinggi dan ditinjau dari materi pembelajaran terdapat materi SD, SMP Sederajat , SMA Sederajat dan Universitas. Kata Kunci : Meta-Analisis, Pendekatan SETS, Keterampilan Proses Sains iii ABSTRACT This study aims to determine whether there is an effect size value in the SETS (Science, Environment, Technology and Society) approach to Science Process Skills in terms of education level, area and material. Researchers used quantitatuce methods with meta�analysis techniques by going through several stages, namely : 1) defining the problem, 2) collecting data, 3) analyzing and converting data, 4)determining the average, 5) considering the variance in the effect obtained. The result of this research are that there is an effect size value for the SETS (Science , Environment, Technology and Society) approach to Science Process Skill in Indonesia in term of educational level of 0,546 with the High Effect categoryviewed from the western region of 0,542 in the High Effect category and interms of learning material there is elementary school, middle scholl and equivalent, high school and university material. Keywords : Meta-Analysis, SETS Approach, Science Process Skill

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:12
Last Modified: 23 Oct 2023 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30835

Actions (login required)

View Item View Item