IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 4 TAHUN 2017 TENTANG PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH KABUPATEN LAMPUNG TIMUR PERSPEKTIF SIYASAH MALIYAH (Studi Pada BPKAD Kabupaten Lampung Timur)

LEO, JABAR ABDALLAH (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 4 TAHUN 2017 TENTANG PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH KABUPATEN LAMPUNG TIMUR PERSPEKTIF SIYASAH MALIYAH (Studi Pada BPKAD Kabupaten Lampung Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LEO JABAR ABDALLAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dalam upaya menyeragamkan langkah dan tindakan dalam pengelolaan barang milik daerah telah mengeluarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Timur Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah di Kabupaten Lampung Timur, merupakan upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dalam mewujudkan pengelolaan barang yang berkualitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah di Kabupaten Lampung Timur? dan bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah di Kabupaten Lampung Timur menurut perspektif Siyasah Maliyah? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah di Kabupaten Lampung Timur dan untuk mengetahui Implementasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah di Kabupaten Lampung Timur menurut perspektif Siyasah Maliyah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dan penilitian pustaka (library research), sifat penelitian ini yaitu deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan penelusuran data online. Teknik pengolahan data yaitu, editing, coding, dan rekonstruksi data. Kemudian analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan berfikir secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan, pertama, Pengelolaan Barang Milik Daerah Kabupaten Lampung Timur menurut Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah di Kabupaten Lampung Timur dapat terlihat dalam proses perencanaan kebutuhan dan penganggaran, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan, iii penilaian, pemindahtanganan, pemusnahan, penghapusan, penatausahaan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian dilaksanakan berdasarkan asas fungsional, kepastian hukum, transparansi, efisiensi, akuntabilitas, dan kepastian nilai sebagaimana dalam Pasal 2 Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah di Kabupaten Lampung Timur. Kedua, Implementasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah di Kabupaten Lampung Timur sudah sesuai dengan siyasah maliyah, hal ini dapat terlihat di mana BPKAD yang bertugas menyelenggarakan fungsi perumusan kebijakan teknis di bidang pengelolaan keuangan dan aset daerah sebagaimana baitul mal juga dapat diartikan secara fisik sebagai tempat untuk menyimpan dan mengelola segala macam harta yang menjadi pendapatan negara. Kata Kunci: Pengelolaan BMD Kabupaten Lampung Timur, Siyasah Maliyah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:01
Last Modified: 23 Oct 2023 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30834

Actions (login required)

View Item View Item