PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII SMPN 4 NEGARA BATIN WAY KANAN

AFIFATUNNISA, Safii Jamahad (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII SMPN 4 NEGARA BATIN WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2&dapus.pdf] PDF
Download (13MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII SMPN 4 NEGARA BATIN WAY KANAN Oleh Afifatunnisa Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya minat belajar peserta didik,karena kurang variasi pengunaan berbagai model pembelajaran, peserta didik cenderung pastif sedikit bertanya dan mengajukan pendapat. untuk itu diperlukan upaya dalam menciptakan keberhasilan belajar peserta didik, dibutuhkan kreativitas pendidik dalam melaksanakan pembelajaran yang dapat mengatasi serta meningkatkan minat belajar peserta didik, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran generatif pada mata pelajaran PAI. tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran generatif terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Negara Batin Way Kanan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatatif, jenis Quasi Experimental Design. dengan desain penelitian pretest - posttest control group design, yaitu dengan memberi perlakuan terhadap dua kelas. teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. sampel pada penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model generatif dan VIII A sebagai kelas kontrol menerapkan model konvensional. analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reabilitas. adapun uji prasyarat analisis dengan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. iii Hasil uji hipotesis dengan aplikasi SPSS v25 mendapatkan nilai > dengan sig(2-tailed) 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara varibel (X) model pembelajaran generatif dengan variabel (Y) minat belajar. dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 4 Negara Batin Way Kanan. Kata Kunci : Model Pembelajaran Generatif, Pendidikan Agama Islam, Minat Belajar iv ABSTRACK THE EFFECT OF GENERATIVE LEARNING MODELS ON STUDENTS' LEARNING INTEREST IN CLASS VIII PAI LESSONS SMPN 4 NEGARA BATIN WAY KANAN By Afifatunnisa The background of this research is the low learning interest of students, due to the lack of variety in the use of various learning models, students tend to be passive and ask a few questions and submit opinions. For this reason, efforts are needed to create student learning success. Educators' creativity is needed in carrying out learning that can overcome and increase students' learning interest, namely by applying a generative learning model to PAI subjects. the aim of this research is to find out whether there is any influence of the generative learning model on students' learning interest in PAI subjects at SMP Negeri 4 Negara Batin Way Kanan. This research approach is quantitative, a type of Quasi Experimental Design. with the research design pretest - posttest control group design, namely by giving treatment to two classes. sampling technique with purposive sampling. The samples in this study were 2 classes, namely class VIII B as the experimental class by applying the generative model and VIII A as the control class by applying the conventional model. analysis of the data used is the test of validity, reliability. As for the analysis prerequisite test with normality, homogeneity and hypothesis tests. v The results of hypothesis testing with the SPSS v25 application get > with sig(2-tailed) 0.000, which means it is smaller than 0.05 meaning that Ha is accepted and Ho is rejected. This shows that there is a relationship between variable (X) generative learning model and variable ( Y) interest in learning. it can be concluded that there is an influence of the generative learning model on students' learning interest in PAI subjects in class VIII SMP Negeri 4 Negara Batin Way Kanan. Keywords: Generative Learning Model, Islamic Religious Education, Interest in Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:59
Last Modified: 23 Oct 2023 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30833

Actions (login required)

View Item View Item