MANAJEMEN PELAYANAN HAJI DAN UMRAH PT. DAANIS MIKA SALSA (DMS) KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG

ENGGARIYAN, AKHITA (2023) MANAJEMEN PELAYANAN HAJI DAN UMRAH PT. DAANIS MIKA SALSA (DMS) KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ENGGARIYAN AKHITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Haji dan umrah merupakan ibadah yang sangat diinginkan oleh banyak umat muslim untuk melaksanakannya. Haji menjadi wajib bagi umat muslim bila mampu, sebagaimana yang tertuang dalam rukun Islam yang kelima. Ibadah haji di yakini sebagai penyempurnaan rukun islam. Ada berbagai lembaga yang menyediakan pelayanan haji dan umrah, baik dari lembaga eksternal pemerintahan seperti biro-biro travel ataupun internal pemerintahan seperti departemen agama. Di Kecamatan Sukarame, Bandar Lampung terdapat biro pelayanan haji dam umrah yang berusaha menyediakan pelayanan haji dan umrah terbaik untuk setiap jamaahnya. Biro pelayanan PT. Daanis Mika Salsa (DMS) yaitu biro pelayanan perjalanan haji dan umrah yang selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para jamaah untuk menunjang para jamaah dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah para umat muslim Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang hasil penelitiannya menghasilkan data deskriptif baik berupa tulisan atau ungkapan yang diperoleh secara langsung dari sumber primer. Pendekatan kualitatif sendiri merupakan suatu proses penelitian dan pemahaman yang berfokus pada fenomena sosial dan masalah manusia. Selain itu pendekatan kualitatif merupakan pendekatan penelitian yang berusaha mengungkapkan suatu fenomena sosial tertentu dengan mendeskripsikan sesuai data dan fakta yang ada di lapangan, kemudian di analisis agar dapat menghasilkan penelitian yang ilmiah Penelitian ini menemukan hasil bahwa pelayanan haji dan umrah di PT Daanish Mika Salsa sudah cukup baik karena pada pelaksanaannya telah diterapkan sesuai dengan teori dan praktek. Dalam hal pelayanan PT Daanish Mika Salsa secara administratif sudah cukup maksimal terhadap jamaah dengan memfasilitasi secara profesional baik di Tanah Air maupun di Tanah Suci serta akomodasi dalam pengaturan tempat yang memadai fasilitas penginapan tersebut berbintang lima yang dilengkapi dengan menu makanan International, dikarenakan pihak manajemen PT Daanish Mika Salsa melihat situasi dan kondisi yang ada. Kata Kunci : Haji, Umrah, Manajemen Pelayanan iii ABSTRACT Hajj and Umrah are acts of worship that many Muslims really want to carry out. Hajj is obligatory for Muslims if they are able, as stated in the fifth pillar of Islam. The Hajj pilgrimage is believed to be the completion of the pillars of Islam. There are various kinds of institutions that provide Hajj and Umrah services, both from external government agencies such as travel agencies and internal government agencies such as the religious department. In Sukarame District, Bandar Lampung, there is a Hajj and Umrah services bureau which tries to provide the best Hajj and Umrah services for every pilgrim. service bureau PT. Daanis Mika Salsa (DMS) is a Hajj and Umrah travel service agency that always provides the best service for pilgrims to support pilgrims in carrying out the Hajj and Umrah for Indonesian Muslims. This research uses a qualitative method with a qualitative descriptive approach, namely research whose research results produce descriptive data in the form of writing or expressions obtained directly from primary sources. The qualitative approach itself is a research and understanding process that focuses on social phenomena and humanitarian problems. Apart from that, a qualitative approach is a research approach that attempts to uncover a particular social phenomenon by describing it based on data and facts in the field, then analyzing it to produce scientific research. This research found that the Hajj and Umrah services at PT Daanish Mika Salsa were quite good because the implementation had been carried out in accordance with theory and practice. From an administrative perspective, PT Daanish Mika Salsa's services are optimal for the congregation by providing professional facilitation both domestically and in the Holy Land as well as accommodation in an adequate atmosphere. Five star accommodation facilities are equipped with an international food menu, because the management of PT Daanish Mika Salsa looks at the existing situation and conditions. Keywords : Hajj, Umrah, Service Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:49
Last Modified: 23 Oct 2023 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30827

Actions (login required)

View Item View Item