STRATEGI KOLABORASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PRILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMP SATYA DHARMA SUDJANA LAMPUNG TENGAH

DINA, SELVIA GUINT SIREGAR (2023) STRATEGI KOLABORASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PRILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMP SATYA DHARMA SUDJANA LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of DINA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan bagaimana pelaksanaan srtrategi kolaborasi guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik di SMP Satya Dharma Sudjana Lampung Tengah. Permasalahan ditemukan adanya perilaku prokrastinasi peserta didik dalam melaksanakan proses belajar mengajar disekolah seperti tidak mengerjakan tugas (menunda�nunda) yang diberikan oleh guru di sekolah sehingga terlambat mengumpulkan tugas. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi kolaborasi guru bimbingan dan konseling dan menjelaskan pelaksanaan layanan strategi kolaborasi guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik di SMP Satya Dharma Sudjana Lampung Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian ini berfokus pada fenomena yang ada kemudian dipahami dan dianalisis secara mendalam. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi teknik sebagai validasi data, triangulasi teknik ini bertujuan untuk menguji kredibilitas data yang dilakukan dengan cara mengecek kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Subjek penelitian ini orang guru bimbingan dan konseling yang telah melakukan layanan berkaitan dalam mengatasi perilaku prokrastinasi akademik. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh bahwa strategi kolaborasi guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik di SMP Satya Dharma Sudjana Lampung Tengah meliputi mengidentifikasi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik, menerima informasi dari wali kelas kemudian guru BK melakukan crosscheck informasi tersebut kepada guru mata pelajaran sudah sejauh apa peserta didik tersebut, lalu peserta didik dipanggil dan melaksanakan konseling individual, konseling kelompok. Pelaksanaan kedua layanan tersebut sudah berjalan dengan baik dimana siswa dapat melakukan layanan dengan aktif. Akan tetapi layanan yang sering dilakukan oleh guru BK di iv SMP Satya Dharma Sudjana Lampung Tengah yaitu layanan konseling individual. Layanan konseling kelompok jarang dilaksanakan, tetapi terkadang dilaksanakan apabila ada beberapa peserta didik yang melakukan prilaku prokrastinasi akademik secara bersamaan. Teknik yang digunakan yaitu teknik self management dan teknik kontrak prilaku Kata Kunci: Guru BK, Prokrastinasi Akademik v ABSTRACT This study aims to describe how the implementation of the guidance and counseling teacher collaboration strategy in overcoming students' academic procrastination behavior at SMP Satya Dharma Sudjana Central Lampung. The problem was found that there was procrastination behavior of students in carrying out the teaching and learning process at school such as not doing assignments (procrastinating) given by teachers at school so that they were late in submitting assignments. The purpose of this study was to explain the guidance and counseling teacher collaboration strategy and explain the guidance and counseling teacher collaboration strategy services in overcoming students' academic procrastination behavior at SMP Satya Dharma Sudjana Central Lampung. Data collection techniques used is observation, interviews and documentation. The research method used in this research is descriptive with a qualitative approach, namely this research focuses on existing phenomena which are then understood and analyzed in depth. In this study, researchers used technical triangulation as data validation. This technical triangulation aims to test the credibility of the data which is done by checking the same source with different techniques. The subject of this study was counseling teacher who had provided services related to overcoming academic procrastination behavior. Based on the results of the research and data analysis, it was found that the counseling teacher's collaborative strategy in dealing with students' academic procrastination behavior at SMP Satya Dharma Sudjana Central Lampung includes identifying students' academic procrastination behavior, receiving information from the homeroom teacher and then the counseling teacher cross-checking the information to the subject teachers. how far the students are, then the students are called and carry out individual counseling, group counseling. The implementation of these two services has been going well where students can carry out services actively. However, the service that is often carried out by counseling teachers at SMP Satya Dharma Sudjana Central Lampung is individual counseling services. vi Group counseling services are rarely carried out, but sometimes carried out if there are several students who carry out academic procrastination behavior simultaneously. The technique used are self�management technique and behavioral contract tehniques Keywords: Guidance and Counseling Teachers, Academic Procrastination

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:08
Last Modified: 20 Oct 2023 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30819

Actions (login required)

View Item View Item