PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE JIGSAWUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS II DI MTs AL-FALAH GUNUNG KASIH KECAMATAN PUGUNG KABUPATEN TANGGAMUS

Oktrianida, Orein (2017) PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE JIGSAWUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS II DI MTs AL-FALAH GUNUNG KASIH KECAMATAN PUGUNG KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah guru SKI di MTs Al Falah Gunung Kasih Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus yang belum mencapai hasil signifikan, hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru SKI masih menggunakan metode ceramah,tanya jawab dan mencatat materi. sehingga keterlibatan peserta didik selalu pasif. hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peerta didik yang berjumlah 33 orang yang tuntas 10 orang (30,4%) dan yang belum tuntas 23 orang (69,6%) dengan demikian hasil belajar peserta didik dikatagorikan rendah. Untuk itu diperlukan berbagai metode pembelajaran yang cocok salah satunya adalah metode pembelajaran tipe jigsaw. Adapun rumusan masalah yaitu” Apakah penerapan metode pembelajaran tipe jigsaw. Dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada peserta didik kelas VIIIB MTs Al Falah Gunung Kasih Kecamatan Pugung Kabupaten Tangamus tahun pelajaran 2015-2016”. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIB MTs Al Falah Gunung Kasih Kecamatan Pugung Kabupaten tanggamus yang berjumlah 33 peserta didik. Peneliti tindakan kelas dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus, tahapannnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah deskrifsi kualitatif. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas VIIIB MTs Al Falah Gunung Kasih tanggamus. Alat pengumpul data menggunakan, wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat pada setiap siklusnya.pada prasiklus dari 33 peserta didik yang tuntas 10 orang (30,4%) dan yang belum tuntas 23 orang (69,6%), pada siklus satu mengalami peningkatan dari 33 peserta didik yang tuntas 28 orang(84,8%) dan yang belum tuntas 5 orang (15,2%) pada siklus I mengalami penigkatan dari 33 peserta didik yang tuntas 32 orang (96,9%) dan yang belum tuntas 1 orang (3,1%). Dari penelitan ini dapat disimpulan bahwa melalui penerapan metode tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar SKI peserta didik kelas VIIIB MTs Al Falah Gunung Kasih Kecamatan Pungung Kabupaten Tanggamus tahun pelajaran 2015-2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 08 Mar 2017 04:28
Last Modified: 08 Mar 2017 04:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item View Item