PENGARUH PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK YADIKA NATAR

TRIANA, AFILIA (2023) PENGARUH PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK YADIKA NATAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi TRIANA AFILIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya survei tentang kemampuan peserta didik di Indonesia tahun 2013 dan survei global institute trends in international tahun 2005 yang mencatat hanya 5% peserta didik Indonesia yang mampu menjawab soal kategori tinggi serta tidak mempunyai keteraturan dalam belajar. Kemudian peneliti menemukan permasalahan yang ada di lapangan berdasarkan observasi awal tentang motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMK Yadika Natar diketahui tergolong rendah sebesar 55.5% seperti sulit menyesuaikan diri dengan jam tambahan, merasa Lelah, tidak fokus dengan beban materi, dan pengajaran yang monoton. Untuk memenuhi kebutuhan belajar tersebut, maka dibutuhkan motivasi berprestasi. Tujuan umum penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan full day school dan gerakan literasi sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pai di smk yadika natar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto, teknik pengambilan sampel Purposive sampling serta sampel yang diambil sebanyak 77 responden dari peserta didik yang ada di SMK Yadika Natar. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan kuesioner. Variabel-variabel independen dan dependen dalam penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, pada model regresi tidak terjadi gejala heteroskedatisitas, tidak terjadi gejala multikolinearitas, dan tidak terjadi gejala autokorelasi. Pada uji F dapat dilihat bahwa uji hipotesis (uji F) menyatakan variabel independen berpengaruh positif secara bersama�sama dan signifikan terhadap variabel dependen sebesar 29,850. Karena nilai F hitung > F tabel (29,850 > dari 2,727) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat dinyatakan Ho ditolak (Ha diterima). Dan berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji t), menyatakan semua variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan yaitu sebesar X1=6.177 dengan tingkat signifikansi 0,000. Karena nilai probabilitas lebih besar daripada atau sama dengan nilai probabilitas sig (0,05 > 0,000) maka Ho ditolak (Ha diterima) , X2=2.325 dengan tingkat signifikansi 0,023. Karena nilai probabilitas iv lebih besar daripada atau sama dengan nilai probabilitas sig (0,05 > 0,023) maka Ho ditolak (Ha diterima). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan full day school terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMK Yadika Natar, hal ini dibuktikan uji hipotesis thitung > ttabel dengan signifikansi pengaruhnya yakni sebesar 44,7%. Kata Kunci: Full Day School, Gerakan Literasi Sekolah, Motivasi Belajar PAI v ABSTRACT The study is set back by a survey of educational abilities in Indonesia The year 2013 and the global survey the trends in international in 2005 noted only 5% participants Indonesia who can answer high levels of ratings and do not have the proper order Studying. Then researchers discovered the problem in the field based on early observations On the motivation to learn participants from the subjects of the pies in SMK yadika natar is known to be classified A low of 55.5% as it is difficult to adjust to the extra hours, feel tired, lose focus With material burdens, and monotone teaching. To meet the need for the study, then Attaining motivation is needed. The general purpose of the study is to know of the impact of the full day school application School literacy movements on the motivations of learners learning in pie subjects in SMK yadika natar With the hypothesis that is supposed to be an influence between variable x and variable y. this research Using a quantitative approach with ex post facto research type, sample retrieval technique Impressive sampling and samples taken as many as 77 student responders in high school Yadika Natar. The data collection was taken using a questionnaire. Independent and dependent variables in this study are valid and religious. On Classic, normal distributed data assumption test, with regression models no signs of heteroslevelity, no There are multicollating symptoms, and no autocorrelation symptoms. At test f it can be seen that test Hypothesis (test f) states independent variables positively together and significant To a dependent variable of 29.850. Because value f count > f table (29.850 > from 2.727) with A degree of significance of 0,000 < 0.05 can then be pronounced ho rejected (ha received). And based on Partial hypothesis test, stating all independent variables had an impact The significant as of x1 = 6,177 with a degree of significance 0,000. Because the probability value is greater Instead of the equal value of sig probability (0.05 > 0,000) then ho was rejected (ha received), x2 = 2,325 With a degree of significance of 0.023. Because probability value is greater than or equal to value Sig probability (0.05 > 0.023) then ho was rejected (ha received). vi Research suggests that there was a significant full day impact School on learners' learning motivations at mink yadika natar's point of pai, this Checked hypothesis thitung > table with its significance at 44.7%. Keywords: full day school, school literacy movements, motivation to study pies

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:24
Last Modified: 19 Oct 2023 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30787

Actions (login required)

View Item View Item