ANALISIS PENGARUH TRANSAKSI E-BANKING DAN KECUKUPAN MODAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERBANKAN SYARIAH DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Perbankan Syariah yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2015 – 2022)

Shela, Selviana (2023) ANALISIS PENGARUH TRANSAKSI E-BANKING DAN KECUKUPAN MODAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERBANKAN SYARIAH DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Perbankan Syariah yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2015 – 2022). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fenomena transaksi cashless society telah membawa perubahan pada lingkungan perbankan, kebutuhan nasabah dan persaingan telah mendorong bank untuk melibatkan teknologi e-banking pada sistem layananya. Inovasi ini memerlukan dukungan permodalan yang mencukupi untuk menopang perkembangan kinerja perbankan digital sebagai strategi bersaing dalam berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh transaksi e�banking dan kecukupan modal terhadap kinerja keuangan pada perbankan syariah yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2015-2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan data sekunder. Data yang diperoleh yaitu dari laporan keuangan perbankan syariah yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) peride 2015-2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling sebanyak 96 data. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, uji data panel, dan uji hipotesis dengan menggunakan alat bantu Microsoft Excel dan Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa E-Banking berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan, artinya bahwa semakin meningkat e�banking maka semakin meningkat kinerja keuangan. Kecukupan Modal tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan, artinya peningkatan kecukupan modal tidak selalu memberikan peningkatan pada kinerja keuangan. E-Banking dan Kecukupan Modal berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan dalam perspektif Islam, artinya semakin luas penerapan e-banking didukung denga kecukupan modal yang memadai maka kinerja keuangan akan meningkat dengan memberikan kebermanfaatan kepada pasar sebagai pertimbangan dalam berinvestasi dan bertransaksi. Hal ini sejalan dengan perspektif Islam dalam surah Al-Baqarah ayat 185 dan 282 mengenai keutamaan kemudahan, serta mengenai anjuran untuk melakukan pencatatan dalam menerapkan prinsip transparansi untuk menggambarkan kinerja keuangan pada perbankan agar dapat dipertanggung jawabkan. Kata Kunci : E-Banking, Kecukupan Modal, Kinerja Keuangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:48
Last Modified: 19 Oct 2023 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30778

Actions (login required)

View Item View Item