MANAJEMEN PELAYANAN MANASIK HAJI TERHADAP KEPUASAN CALON JAMAAH HAJI DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG

SITIANA, FAHRUNNISA (2023) MANAJEMEN PELAYANAN MANASIK HAJI TERHADAP KEPUASAN CALON JAMAAH HAJI DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SITIANA FAHRUNISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Bimbingan manasik haji merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi para calon jamaah haji yang hendak menunaikan haji ke Baitullah, Mekkah. Kegiatannya pun diselenggarakan oleh pemerintah pusat melalui Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan dan juga Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota. Tujuan dari pelaksanaan program bimbingan manasik haji ini sendiri adalah agar jamaah haji nantinya menjadi haji yang mabrur. Oleh karena itu, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung yang merupakan salah satu instansi pemerintahan di bawah Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung harus mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dengan seoptimal mungkin dalam bimbingan manasik haji. Adapun metode penelitian menggunakan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pembahasan mengenai penerapan fungsi manajemen yang dilakukan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung. Adapun data dan sumber data yang digunakan menggunakan data primer dan data sekunder dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara. Hal ini dimaksudkan agar mengetahui keoptimalan pelayanan manasik haji terhadap kepuasan calon jamaah haji di Kantor Urusan Aagama (KUA) Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung dalam menyelenggarakan bimbingan manasik haji. Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung sendiri sudah sangat optimal dalam menerapkan fungsi manajemen yang meliputi bagian dalam merencanakan, mengorganisir, menggerakkan dan mengevaluasi pelaksanaan bimbingan manasik haji. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung dalam bimbingan manasik haji tahun 2023 sudah sangat optimal meskipun memang ada beberapa kendala ataupun perihal yang sedikit menghambat. Akan tetapi prosesi manasik haji berjalan dengan lancar. Kata Kunci : Manajemen pelayanan dan Kepuasan iii ABSTRACT Guidance on Hajj rituals is very important for prospective Hajj pilgrims who wish to perform the Hajj to Baitullah, Mecca. The activities are also organized by the central government through the District Religious Affairs Office (KUA) and also the Regency/City Ministry of Religion Office. The aim of implementing the Hajj ritual guidance program is so that the Hajj pilgrims will become successful Hajj pilgrims. Therefore, the Religious Affairs Office (KUA) of Sukarame District, Bandar Lampung City, which is one of the government agencies under the Office of the Ministry of Religion, Bandar Lampung City, must be able to carry out its duties as well as possible with the guidance of Hajj rituals as optimally as possible. The research method uses descriptive qualitative research with a discussion regarding the implementation of management functions carried out by the Religious Affairs Office (KUA) Sukarame District, Bandar Lampung City. The data and data sources used use primary data and secondary data using data collection methods through interviews. This is intended to determine the optimality of Hajj ritual services on the satisfaction of prospective Hajj pilgrims at the Religious Affairs Office (KUA) Sukarame District, Bandar Lampung City in providing guidance on Hajj rituals. The Office of Religious Affairs (KUA) Sukarame District, Bandar Lampung City itself has been very optimal in implementing management functions which include planning, organizing, mobilizing and evaluating the implementation of Hajj ritual guidance. The results of the research state that what the Religious Affairs Office (KUA) of Sukarame District, Bandar Lampung City has done in guiding the Hajj rituals in 2023 has been very optimal even though there have been several obstacles or things that have hindered them a bit. However, the Hajj ritual procession went smoothly. Keywords: Service management and satisfaction

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Oct 2023 09:04
Last Modified: 18 Oct 2023 09:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30775

Actions (login required)

View Item View Item