PENGARUH LITERASI ASURANSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PREFERENSI DALAM MENGGUNAKAN ASURANSI SYARIAH (Studi Pada PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Bandar Lampung)

Novita, Damayanti (2023) PENGARUH LITERASI ASURANSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PREFERENSI DALAM MENGGUNAKAN ASURANSI SYARIAH (Studi Pada PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of NOVITA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Secara garis besar keberadaan asuransi syariah sudah mulai berkembang di negara Indonesia namun pengetahuan dan pemahaman serta kesadaran masyarakat akan pentingnya proteksi diri melalui asuransi syariah sangat rendah. Selain itu pelayanan pada perusahaan asuransi syariah belum sepenuhnya diterapkan dengan baik. Sehingga asuransi syariah masih belum bisa menjadi prioritas masyarakat dalam memilih asuransi. Namun jumlah nasabah pada PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Bandar Lampung mengalami peningkatan sejak lima tahun terakhir yaitu tahun 2018-2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh literasi asuransi dan kualitas pelayanan terhadap preferensi dalam menggunakan asuransi syariah pada PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif, dengan menghimpun data primer yang diambil melalui instrumen kuesioner dengan populasi sebanyak 554 nasabah. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan metode slovin sebanyak 85 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat uji analisis SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi asuransi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi dalam menggunakan asuransi syariah pada PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Bandar Lampung dan variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi dalam menggunakan asuransi syariah pada PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Bandar Lampung. Kemudian literasi asuransi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi dalam menggunakan asuransi syariah pada PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Bandar Lampung. Kata Kunci: Literasi Asuransi, Kualitas Pelayanan, Preferensi, Asuransi Syariah iv ABSTRACT Broadly speaking, the existence of sharia insurance has begun to develop in Indonesia, but knowledge and understanding and public awareness of the importance of self-protection through sharia insurance is very low. In addition, services to sharia insurance companies have not been fully implemented properly. So that sharia insurance still cannot be a priority for the community in choosing insurance. However, the number of customers at PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung Branch has experienced an increase since the last five years, namely 2018-2022. The purpose of this study was to find out how insurance literacy and service quality influence preferences in using Islamic insurance at PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung Branch. This study uses an associative quantitative approach, by collecting primary data taken through a questionnaire instrument with a population of 554 customers. Sampling using simple random sampling technique with slovin method as many as 85 respondents. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis with the SPSS 26 analysis test tool. The results of this study indicate that insurance literacy partially has a positive and significant effect on preferences in using Islamic insurance at PT. Sun Life Financial Sharia Bandar Lampung Branch and service quality variables partially have a positive and significant effect on preferences in using sharia insurance at PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung Branch. Then insurance literacy and service quality simultaneously have a positive and significant effect on preferences in using sharia insurance at PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung Branch. Keywords: Insurance Literacy, Service Quality, Preference, Sharia Insurance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:53
Last Modified: 18 Oct 2023 08:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30773

Actions (login required)

View Item View Item