ANALISIS HAMBATAN TERHADAP KURANGNYA PENGENALAN PADA PRODUK HASANAH CARD (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Kotabumi)

Afifah, Azzahra (2023) ANALISIS HAMBATAN TERHADAP KURANGNYA PENGENALAN PADA PRODUK HASANAH CARD (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Kotabumi). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of AFIFAH FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Lembaga perbankan merupakan salah satu instrument terpenting dalam sistem ekonomi modern. Tidak satu pun negara modern yang menjalankan kegiatan ekonominya tanpa melibatkan lembaga perbankan. Berdasarkan kebutuhan masyarakat modern saat ini di bidang ekonomi akan pelayanan jasa keuangan yang memberikan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi di antaranya penggunaan kartu kredit . Bahkan saat ini beredar jenis kartu kredit yang menggunakan sistem perbankan syariah. Adapun salah satu jenis pembiayaan berbasis kartu kredit, yaitu Hasanah Card. Akan tetapi Fenomena yang terjadi di Bank Syariah Indonesia KCP Kotabumi bahwa pengguna hasanah card sangat sedikit dibandingkan jumlah nasabahnya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kurangnya Hambatan Terhadap Kurangnya Pengenalan Pada Produk Hasanah Card (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Kotabumi). Penelitian ini merupakan penelitian terapan, dan menggunakan jenis penelitian mixed methods dengan model sequential explanatory design, dan pendekatan deskriptif dengan menggunakan perhitungan statistik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling, sehingga diperoleh nasabah sebagai sampel. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh langsung di Bank Syariah Indonesia KCP Kotabumi. Metode analisis data yang pertama data kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan dari hasil kuisioner dilapangan akan dikelompokan berdasarkan variabel dan jenis responden lalu dibuat data tabulasi dan dengan bantuan SPSS . Kemudian metode analisis kualitatif menggunakan model penelitian induktif, dimana hasil data wawancara akan di deskripsikan. Berdasarkan hasil penelitian melalui analisis deskriptif dan wawancara, dilihat dari pengetahuan nasabah, kualitas pelayanan, kepercayaan nasabah, dan kemudahan penggunaan memasuki kategori Masih Rendah. Hal ini dikarenakan bahwa masyarakat kotabumi masih banyak yang belum mengetahui produk hasanah card. Hal ini menandakan bahwa masih kurang nya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak bank kepada masyarakat kotabumi. Sebab peran pengetahuan seseorang tentang suatu produk atau jasa akan mempengaruhi minat seseorang. Kata kunci: Persepsi Nasabah, Bsi Hasanah Card iv ABSTRACT Banking institutions are one of the most important instruments in the modern economic system. None of the modern countries carry out their economic activities without involving banking institutions. Based on the needs of today's modern society in the economic field for financial services that provide security and convenience in conducting transactions, including the use of credit cards. Even currently circulating types of credit cards that use the Islamic banking system. So this research aims to analyze the lack of barriers to the lack of introduction to the Hasanah Card product (Study on customers of Bank Syariah Indonesia KCP Kotabumi). This research is applied research, and uses mixed methods research with a sequential explanatory design model, and a descriptive approach using statistical calculations. The sampling technique in this research used purposive sampling, so that customers were obtained as samples. The data in this research is primary data obtained directly at Bank Syariah Indonesia KCP Kotabumi. The first data analysis method is quantitative data, namely data collected from questionnaire results in the field which will be grouped based on variables and type of respondent, then tabulated data will be made and with the help of SPSS . Then the qualitative analysis method will use an inductive research model, where the results of the interview data will be described. Based on the results of research through descriptive analysis and interviews, seen from customer knowledge, service quality, customer trust and ease of use enter the Still Low category. This is because many people in Kotabumi still don't know about Hasanah card products. This indicates that there is still a lack of socialization carried out by the bank to the people of Kotabumi. Because the role of a person's knowledge about a product or service will influence a person's interest. Keyword: Customer Perception, BSI Hasanah Card

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:44
Last Modified: 18 Oct 2023 08:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30771

Actions (login required)

View Item View Item