Kepuasan Pernikahan Ditinjau Dari Resolusi Konflik Pada Individu Dengan Pasangan Yang Mengalami Kecenderungan Kecanduan Game Online

Ruri, Sonia PutrIi (2023) Kepuasan Pernikahan Ditinjau Dari Resolusi Konflik Pada Individu Dengan Pasangan Yang Mengalami Kecenderungan Kecanduan Game Online. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RURI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kepuasan Pernikahan Ditinjau Dari Resolusi Konflik Pada Individu Dengan Pasangan Yang Mengalami Kecenderungan Kecanduan Game Online Oleh : Ruri Sonia Putri Ketidakpuasan dalam pernikahan merupakan sumber utama penyebab timbulnya suatu konflik dalam pernikahan. Indikator utama pada penyelesaian konflik pernikahan yang konstruktif tampak pada kepuasan pasangan serta perasaan mereka terhadap hubungan yang terjalin. Jika konflik dapat dikelola secara konstruktif, maka pernikahan akan bertahan dengan baik. Sebaliknya, jika konflik dihadapi secara destruktif oleh pasangan, maka mereka relatif merasa tidak puas dalam hubungan pernikahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pernikahan yang ditinjau dari resolusi konflik pada individu dengan pasangan yang mengalami kecenderungan kecanduan game online. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 40 subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kepuasan pernikahan (α = 0,934) dan skala resolusi konflik (α = 0,890). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis pearson product moment dengan bantuan spss ver 25. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai r = 0,728 dengan signifikansi p< 0.001, artinya ada hubungan yang positif dan signifikan antara resolusi konflik dengan kepuasan pernikahan, dengan sumbangan efektif sebesar 53%. Kata kunci : Kepuasan Pernikahan, Resolusi Konflik, Game online iv ABSTRACT Marital Satisfaction In Terms Of Conflict Resolution In Individuals With Partners Who Experience Online Gaming Addiction Tendencies Dissatisfaction in marriage is the main source of conflict in marriage. The main indicator of constructive resolution of marital conflict appears to be the satisfaction of the couple and their feelings towards their relationship. If conflict can be managed constructively, then the marriage will survive well. On the other hand, if the couple faces conflict destructively, then they will feel relatively dissatisfied in their marital relationship. This research aims to determine marital satisfaction in terms of conflict resolution in individuals who have partners who experience online game addiction tendencies. Researchers used quantitative research methods with a sampling technique, namely purposive sampling, and obtained a sample of 40 subjects. Data collection techniques used a marital satisfaction scale (α = 0.934) and a conflict resolution scale (α = 0.890). The data analysis technique used in this research is the Pearson product moment analysis technique with the help of SPSS ver 25. The results of this research show a value of r = 0.728 with a significance of p < 0.001, it means that there is a positive and significant relationship between conflict resolution and marital satisfaction, and contribution. effective by 53% Keywords : Marital Satisfaction, Conflict Resolution, Online Games.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:34
Last Modified: 18 Oct 2023 08:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30769

Actions (login required)

View Item View Item