TINJAUAN FIQH SIYĀSAH TANFIDZIYYAH TERHADAP PELAKSANAAN SISTEM TILANG ELEKTRONIK (E-TLE) DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Pada Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Kota Bandar Lampung)

Atala, Rania Insyria (2023) TINJAUAN FIQH SIYĀSAH TANFIDZIYYAH TERHADAP PELAKSANAAN SISTEM TILANG ELEKTRONIK (E-TLE) DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Pada Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Sistem tilang elektronik (E-TLE) mulai dilaksanakan di Kota Bandar Lampung sejak 23 Maret 2021. Tujuan penerapan E-TLE adalah untuk mewujudkan efektivitas penegakkan hukum, jaminan asas transportasi dan kepastian hukum yang dibuktikan secara ilmiah berdasarkan hasil bukti pelanggaran. Mekanisme E-TLE ini menjadikan proses penindakan tilang menjadi lebih praktis karena pelanggar yang terkena sistem E-TLE tidak perlu mengikuti persidangan seperti tilang manual. Pelaksanaan sistem E-TLE dengan menggunakan kamera CCTV (Closed Circuit Television) di Kota Bandar Lampung ini dilatarbelakangi oleh dua orientasi, yaitu mengurangi tindak pelanggaran lalu lintas dan upaya meningkatkan nilai Pendapatan Negara Bukan Pajak(PNBP) dari denda tilang. Sehingga dengan diterapkannya E-TLE diharapkan dapat menekan angka pelanggaran lalu lintas di Kota Bandar Lampung. Berdasarkan latar belakang masalah di atas penulis merumuskan masalah yaitu: 1. Bagaimana efektivitas pelaksanaan sistem E-TLE dalam mengurangi tindak pelanggaran lalu lintas di Kota Bandar Lampung? dan 2. Bagaimana tinjauan Fiqh Siyāsah Tanfidziyyah terhadap pelaksanaan sistem E-TLE di Kota Bandar Lampung?. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanakan sistem E-TLE dalam mengurangi pelanggaran lalu lintas di Kota Bandar Lampung dan bagaimana pandangan Fiqh Siyāsah Tanfidziyyah terhadap pelaksanaan sistem tilang elektronik (E-TLE) di Kota Bandar Lampung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan sistem E-TLE dalam megurangi pelanggaran lalu lintas sudah efektif namun belum bisa maksimal karena beberapa faktor seperti dari segi sarana yaitu terbatasnya jumlah kamera tilang elektronik yang digunakan serta dari kesadaran masyarakat yang masih kurang mengenai mekanisme sistem tilang elektronik (E-TLE) dan patuh dalam aturan berlalu lintas sehingga menyebabkan angka pelanggaran lalu lintas di Kota Bandar Lampung cenderung iii meningkat. Satlantas Polresta Bandar Lampung sudah melakukan upaya dalam memaksimalkan pelaksanaan sistem E-TLE di antaranya dengan melakukan sosialiasi kepada masyarakat melalui media massa seperti radio, koran, dan media sosial. Menurut pandangan Fiqh Siyāsah Tanfidziyyah pelaksanaan sistem tilang elektronik (E-TLE) di Kota Bandar Lampung sudah tepat dan memenuhi tujuan dari Fiqh Siyāsah Tanfidziyyah. Kebijakan pelaksanaan sistem tilang elektronik (E-TLE) ini dibuat untuk memberikan kemaslahatan secara umum sekaligus sebgagai upaya untuk menerapkan Maqᾱṣid Syari’ah melalui ketaatan dalam peraturan berlalu lintas. Kata Kunci: Fiqh Siyāsah Tanfidziyyah, Pelaksanaan, Sistem Tilang Elektronik (E-TLE).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:19
Last Modified: 18 Oct 2023 08:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30766

Actions (login required)

View Item View Item