ANALISIS FIQH SIYASAH DUSTURIYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 11 UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2011 TENTANG FUNGSI PARTAI POLITIK (Studi di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Metro)

Muhammad, Syamsi Darman (2023) ANALISIS FIQH SIYASAH DUSTURIYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 11 UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2011 TENTANG FUNGSI PARTAI POLITIK (Studi di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Metro). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD SYAMSI DARMAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Menurut Undang-Undang No. 2 Tahun 2011 pasal 11 ayat 1 disebutkan bahwa fungsi partai politik adalah sebagai sarana: .Pendidikan politik bagi anggota dan masyarakat luas agar menjadi warga negara Indonesia yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,Penciptaan iklim yang kondusif bagi persatuan dan kesatuan bangsa indonesia untuk kesejahteraan masyarakat,Penyerap, penghimpun dan penyalur aspirasi politik masyarakat dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan negara,Partisipasi politik warga negara Indonesia, dan ,Rekrutmen politik dalam proses pengisian jabatan politik melalui mekanisme demokrasi dengan memperhatikan kesetaraan dan keadilan gender. Dalam Alquran istilah partai disebut dengan perkataan hizb. Partai (Hizb) secara lughawi mempunyai makna; suatu komunitas yang memiliki kesamaan konsep dan aktivitas, kumpulan yang memiliki kekuatan dan persaudaraan,kader serta partisipannya. Mengikut pengertian istilah, dalam Islam Partai disebut hizb. Partai atau hizb adalah suatu kumpulan masyarakat yang menyatu karena memiliki arah, sasaran dan tujuan yang sama. Rumusan masalah yang akan dipecahkan oleh penulis ini yaitu Bagaimana peran partai politik menurut Pasal 11 Undang�Undang Nomor 2 Tahun 2011, dan Bagaimana pandangan fiqh siyasah Dusturiyah-tanfidziyah terhadap pasal 11 undang-undang nomor 2 Tahun 2011 tentang peran dan fungsi partai politik.Adapun tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami dan menganalisis apa saja fungsi partai politik menurut pasal 11 Undang-Undang No 2 Tahun 2011, untuk mengetahui, memahami dan menganalisis bagaimana fungsi partai politik menurut pasal 11 Undang-undang Nomor 2 Tahun 2011 jika ditinjau dari fiqh siyasah Dusturiyah-Tanfidziyah.Penelitian yang digunakan yaitu penelitian Lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif serta di analisa dengan menggunakan metode deduktif, yang merupakan penarikan kesimpulan yang berawal dari pengetahuan yang bersifat umum kemudian ditarik suatu kesimpulan khusus. Hasil analisis penulis menarik kesimpulan bahwasannya fungsi partai politik sesuai dengan beberapa prinsip pemerintahan yang dikembangkan oleh Nabi berdasarkan kepada ayat-ayat Al�Qur‟an seperti: Prinsip Equality (Al-Musawwa), Prinsip Independen (Al-Hurriyyah) dan Prinsip Pluralisme (Taaddudiyah). Dari penelitian ini dapat di pahami bahwa dalam pandangan Islam Partai politik tidak iii bertentangan dengan ajaran Islam apabila terbentuknya partai politik ditujukan untuk kemaslahatan umat, kareana perjuangan memposisikan hukum Islam di Indonesia yang terpenting bukan formalisme dengan pendekatan normatif ideologis, namun “absorbsi” nilai-nilai Islam ke dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:03
Last Modified: 18 Oct 2023 08:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30763

Actions (login required)

View Item View Item