HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V MIMA 7 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG

Herawati, Ahmad Junaedi (2023) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V MIMA 7 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of HERAWATI FULL SKIRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V MIMA 7 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG Oleh Herawati Gaya belajar berdasarkan modalitas menurut Grinder dapat digolongkan menjadi tiga macam yaitu gaya belajar visual (lebih peka terhadap indera penglihatan), gaya belajar auditory (lebih peka terhadap indera pendengaran), dan gaya belajar kinesthetic (lebih peka dengan bergerak, bekerja, dan menyentuh). Berbagai macam gaya belajar tersebut pada dasarnya dimiliki oleh setiap individu namun ada salah satu yang lebih dominan. Setiap individu memiliki kecenderungan pada satu gaya belajar tertentu yang memudahkanya dalam menyerap pelajaran. Individu yang mengetahui kecenderungan gaya belajarnya dan mampu menerapkan strategi belajar yang sesuai maka individu tersebut akan berhasil dalam belajarnya. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah hubungan yang positif antara gaya belajar dengan hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas V di MIMA Labuhan Ratu, dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Fiqih siswa kelas V MIMA Labuhan Ratu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa kelas V MIMA Labuhan Ratu dapat diketahui bahwa meannya . Hal ini menunjukkan bahwa gaya belajar siswa dalam kategori sangat kuat. Sedangan hasil belajar fiqih siswa kelas V MIMA Labuhan Ratu juga diketahui meannya adalah . Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis product moment. Teknik penggumpulan data menggunakan angket dan tes. Metode yang digunakan adalah korelasi product moment dengan taraf signifikan . Pada perhitungan rhitung dan rtabel pada taraf signifikan rhitung > rtabel ( > ) dengan demikian dapat diketahui H ditolak sedangkan H diterima. Dari perhitungan ini berarti menunjukkan ada hubungan gaya belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Fiqih pada kelas V di MIMA Labuhan Ratu. Kata Kunci: Fiqih Gaya Belajar Hasil Belajar iv ABSTRACT THE RELATIONSHIP BETWEEN LEARNING STYLE AND LEARNING OUTCOMES OF FIQIH CLASS V MIMA 7 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG By Herawati According to Grinder learning styles based on modality can be classified into three types namely visual learning styles (more sensitive to the sense of sight) auditory learning styles (more sensitive to the sense of hearing) and kinesthetic learning styles (more sensitive to moving working and touching). Basically every individual has various learning styles but there is one that is more dominant. Every individual has a tendency towards a certain learning style which makes it easier for them to absorb lessons. Individuals who know their learning style tendencies and are able to apply appropriate learning strategies will be successful in their learning. The problem formulation of this research is whether there is a positive relationship between learning styles and learning outcomes in the Fiqh subject of class V students at MIMA Labuhan Ratu and the aim of this research is to determine the relationship between learning styles and learning outcomes in the Fiqh subject of class V MIMA students. Labuhan Ratu. The results of the research show that the learning style of class V MIMA Labuhan Ratu students can be seen to have a mean of . This shows that the student's learning style is in the very strong category. Meanwhile the results of studying fiqh for class V MIMA Labuhan Ratu students also show that the mean is . . This type of research uses a quantitative approach with product moment analysis techniques. Data collection techniques use questionnaires and tests. The method used is product moment correlation with a significance level of . In calculating rcount . and rtable . at a significance level of rcount > rtable ( . > . ) thus it can be seen that H is rejected while H is accepted. From this calculation it means that there is a relationship between learning styles and learning outcomes in Fiqh subjects in class V at MIMA Labuhan Ratu. Keywords: Fiqh Learning Style Learning Results

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:30
Last Modified: 18 Oct 2023 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30760

Actions (login required)

View Item View Item