STUDI TENTANG PENANGANAN PESERTA DIDIK YANG TERLAMBAT DI SMK SMTI BANDAR LAMPUNG

TANTIA, AGUSTIN (2023) STUDI TENTANG PENANGANAN PESERTA DIDIK YANG TERLAMBAT DI SMK SMTI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of TANTIA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang melakukan perilaku terlambat datang ke sekolah. Terdapat peserta didik yang menjadi fokus peneliti untuk dilakukannya konseling individu. Objek pada penelitian yaitu penanganan peserta didik yang terlambat. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling di SMK SMTI Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: Pola keterlambatan peserta didik, Penanganan guru bimbingan dan konseling terhadap peserta didik yang terlambat, Hasil dari penanganan guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pola keterlambatan peserta didik dibagi menjadi dua karakteristik yaitu terlambat yang disengaja dan terlambat yang tidak disengaja. Penanganan yang diberikan guru bimbingan dan konseling berupa layanan konseling individu dengan teknik behavioral contract di laksanakan empat tahap konseling yaitu mengidentifikasi masalah, menentukan target yang akan dicapai, treatment dengan menggunakan kontrak perilaku dan evaluasi. Hasil dari penanganan yang diberikan guru bimbingan dan konseling telah dilaksanakan dengan baik, dimana dalam proses konseling diakhiri dengan beberapa kesepakat. Hasil yang diperoleh setelah diberikan layanan konseling, perilaku terlambat pada ketiga peserta didik berkurang. Namun masih perlu ditingkatkan supaya dapat meminimalisir peserta didik yang terlambat datang ke sekolah. Kata Kunci: Penanganan, Peserta didik, Terlambat iv ABSTRACT This research was motivated by the existence of students who behaved late to school. There were students who were the focus of the researchers for individual counseling. The object of the research is handling students who are late. The subjects in this research were guidance and counseling teachers at SMK SMTI Bandar Lampung. The aim of this research is to determine: Patterns of student tardiness, Guidance and counseling teachers' handling of students who are late, Results of guidance and counseling teachers' handling. This research uses qualitative methods with descriptive research type. Data collection techniques are interviews and documentation. The results of this research can be concluded that the pattern of student tardiness is divided into two characteristics, namely intentional tardiness and unintentional tardiness. The treatment provided by guidance and counseling teachers in the form of individual counseling services using behavioral contract techniques is carried out in four stages of counseling, namely identifying problems, determining targets to be achieved, treatment using behavioral contracts and evaluation. The results of the treatment provided by the guidance and counseling teacher have been carried out well, where the counseling process ended with several agreements. The results obtained after being provided with counseling services, late behavior in the three students decreased. However, it still needs to be improved in order to minimize students coming to school late. Keywords: Handling, Students, Late

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Oct 2023 07:19
Last Modified: 17 Oct 2023 07:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30750

Actions (login required)

View Item View Item