PENANAMAN NILAI-NILAI TASAWUF DALAM PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANGGOTA PASKIBRA KECAMATAN BANGUNREJO LAMPUNG TENGAH

RATIKA, SARI (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI TASAWUF DALAM PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANGGOTA PASKIBRA KECAMATAN BANGUNREJO LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RATIKA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Paskibra yang merupakan wadah bagi siswa yang ditunjuk dalam menghormati sang merah putih, yang nantinya diharapkan menjadi teladan di tengah masyarakat sebagai pemuda-pemudi yang mandiri, berguna untuk dirinya sendiri, dan bermanfaat untuk masyarakat serta dapat menanamkan nilai dasar hidup mereka, yaitu jujur, tanggung jawab, visioner, disiplin, kerja sama, adil, dan peduli. Penanaman nilai-nilai tasawuf pada anggota paskibra dasarnya bertujuan untuk memupuk sifat ihsan dalam perilaku sehari-hari sehingga merasakan kedekatan diri dengan sang Khaliq. Denganterbinanya akhlak ini, maka akan menimbulkan kesadaran untuk melaksanakan ajaran-ajaranagama Islam dengan istiqamah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana Kondisi Kecerdasan Emosional Anggota Paskibra dan bagaimana penanaman nilai-nilai tasawuf dalam peningkatan kecerdasan emosional anggota paskibra Kecamatan Bangunrejo Lampung Tengah Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan diskriptif kualitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Proses analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), display data dan verifikasi dan penegasan kesimpulan (conclution drawing and verification) Berdasarkan hasil penelitian, diketahui pengembangan kecerdasan emosional melalui kegiatan ekstrakurikuler (paskibra) di Kecamatan Bangun Rejo memberikan pengaruh yang cukup baik dalam aspek peningkatan kecerdasan emosional peserta didik, sebagian besar peserta didik merasakan ada peningkatan dalam hal kemampuan mengontrol dan mengekspresikan emosi, memotivasi diri, empati maupun kemampuan membina hubungan dan kerjasama dengan orang lain setelah mereka mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Kepada pendidik di Wilayah Kecamatan Bangun Rejo Lampung tengah agar kiranya kegiatan-kegiatan yang dapat membantu mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik seperti kegiatan ekstrakurikuler terus di pertahankan bahkan ditingkatkan, karena untuk sukses peserta didik membutuhkan kecerdasan emosional yang baik untuk menyalurkan kecerdasan intelektual yang mereka miliki Kata Kunci: Nilai-Nilai Tasawuf, Kecerdasan Emosional, Anggota Paskibra. ABSTRACT Paskibra is a forum for students appointed to honor the red and white, who will later be expected to become role models in society as young people who are independent, useful for themselves, and useful for society and can instill in them the basic values of life, namely honesty, responsibility. responsible, visionary, disciplined, cooperative, fair and caring. Instilling Sufism values in Paskibra members basically aims to cultivate the character of ihsan in daily behavior so that they feel close to the Khaliq. By developing these morals, it will raise awareness to carry out the teachings of the Islamic religion with istiqamah. The aim of this research is to find out the condition of the emotional intelligence of Paskibra members and how to instill Sufism values in increasing the emotional intelligence of Paskibra members in Bangunrejo District, Central Lampung. The research approach used in this research is a qualitative descriptive approach with the data sources used are primary data and secondary data. The data analysis process used is data collection, data reduction, data display and conclusion drawing and verification. Based on the research results, it is known that the development of emotional intelligence through extracurricular activities (paskibra) in Bangun Rejo District has a quite good influence in the aspect of increasing students' emotional intelligence, most students feel there is an increase in the ability to control and express emotions, self�motivate, empathy as well as the ability to build relationships and collaborate with other people after they take part in extracurricular activities. To educators in the Bangun Rejo District of Central Lampung, we hope that activities that can help develop students' emotional intelligence, such as extracurricular activities, continue to be maintained and even improved, because to be successful, students need good emotional intelligence to channel the intellectual intelligence they have. Keywords: Sufism Values, Emotional Intelligence, Paskibra Members.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Akhlak dan Tasawwuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akhlak dan Tasawwuf
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Oct 2023 07:13
Last Modified: 17 Oct 2023 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30749

Actions (login required)

View Item View Item