STRATEGI PEMASARAN TOUR TRAVEL HAJI DAN UMROH DALAM MENINGKATKAN CALON JAMA’AH UMROH PADA PT. DMS TOURS AND TRAVEL BANDAR LAMPUNG

ADELLIA, TRIANA (2023) STRATEGI PEMASARAN TOUR TRAVEL HAJI DAN UMROH DALAM MENINGKATKAN CALON JAMA’AH UMROH PADA PT. DMS TOURS AND TRAVEL BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI ADELLIA TRIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya minat masyarakat untuk melaksanakan ibadah umrah, sehingga semakin meningkat pula persaingan dalam sektor bisnis pengusaha penyedia jasa perjalanan ibadah umrah. Hal ini menuntut pengusaha penyedia jasa perjalanan ibadah umrah tersebut meningkatkan kualitas strategi pemasaran yang lebih baik dari kompetitornya untuk meningkatkan jumlah jamaah di kota Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan di PT. DMS Tours and Travel Bandar Lampung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran PT. DMS Tours and Travel Bandar Lampung dalam meningkatkan jumlah jamaah umrah di Kota Bandar Lampung. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang dilakukan dengan mencari data langsung di lapangan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil observasi, wawancara dari PT. DMS Tours and Travel dan dokumentasi langsung dari lapangan, Sedangkan data sekunder berupa data yang diperoleh dari literatur-literatur dan bacaan lainnya yang terkait dengan penelitian. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah study lapangan kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. DMS Tours and Travel Bandar Lampung dalam meningkatkan jumlah jamaah, menggunakan unsur pemasaran 7p (product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process). Dari ketujuh strategi yang digunakan, PT. DMS Tours and Travel Bandar Lampung lebih dominan menggunakan strategi promosi. Wujud dari strategi promosi yang dilakukan yaitu pelayanan dan media sosial. Selain dari strategi promosi tersebut, PT. DMS Tours and Travel Bandar Lampung dalam memasarkan produknya tidak terlepas dari syariah marketing yaitu dengan menerapkan Theistis Rabbaniyah. Dari Strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. DMS Tours and Travel Bandar Lampung dapat mempengaruhi peningkatan jumlah jamaah, terutama dibidang pelayanan yang sangat berkualitas. Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Haji, Umrah iii ABSTRACT This research was motivated by the increasing interest of the public to carry out Umrah, so that there is also increasing competition in the business sector of entrepreneurs providing Umrah travel services. This requires the entrepreneur who provides Umrah travel services to improve the quality of marketing strategies better than its competitors to increase the number of pilgrims in the city of Bandar Lampung. This research was conducted at PT. DMS Tours and Travel Bandar Lampung. The problem in this study is how the marketing strategy of PT. DMS Tours and Travel Bandar Lampung in increasing the number of Umrah pilgrims in Bandar Lampung City. This research method is a type of qualitative research that is descriptive in nature carried out by looking for direct data in the field. The data sources used in this study are primary data and secondary data. Primary data in the form of observations, interviews from PT. DMS Tours and Travel and documentation directly from the field, while secondary data is in the form of data obtained from literature and other readings related to research. The data collection technique used is a literature field study. Based on the results of research and discussion that the marketing strategy carried out by PT. DMS Tours and Travel Bandar Lampung in increasing the number of pilgrims, using 7p marketing elements (product, price, place, promotion, people, physical evidence, and process). Of the seven strategies used, PT. DMS Tours and Travel Bandar Lampung is more dominant using promotional strategies. The manifestation of the promotional strategy carried out is service and social media. Apart from these promotional strategies, PT. DMS Tours and Travel Bandar Lampung in marketing its products is inseparable from sharia marketing, namely by applying the Rabbaniyah Theistic. From the marketing strategy carried out by PT. DMS Tours and Travel Bandar Lampung can affect the increase in the number of pilgrims, especially in the field of very quality services. Keywords : Strategy, Marketing, Hajj, Umrah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Oct 2023 06:47
Last Modified: 17 Oct 2023 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30745

Actions (login required)

View Item View Item