PENYELESAIAN HUKUM TERHADAP PENGALIHAN OBJEK JAMINAN FIDUSIA TANPA SEPENGETAHUAN KREDITUR DALAM TRANSAKSI LEASING MOBIL MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (Studi di Clipan Finance Bandar Lampung)

Anggita, Fitriana (2023) PENYELESAIAN HUKUM TERHADAP PENGALIHAN OBJEK JAMINAN FIDUSIA TANPA SEPENGETAHUAN KREDITUR DALAM TRANSAKSI LEASING MOBIL MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (Studi di Clipan Finance Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANGGITA FITRIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Pada zaman modern sekarang ini keberadaann perusahaan multiguna sangatlah pesat, sejalan dengan tingkat pembelian kendaraan roda empat (mobil). Banyak masyarakat yang menggunakan perusahaan multiguna (leasing) sebagai media untuk melakukan transaksi kredit mobil, penjualan mobil maupun penggadaian mobil. Seperti jasa yang disediakan oleh perusahaan multiguna Clipan Finance. Perusahaan multiguna tersebut melayani gadai surat kendaraan (BPKB) untuk kepentingan konsumtif masyarakat, tetapi banyak permasalahan yang mengakibatkan kerugian bagi penyedia jasa leasing, salah satunya pengalihan objek jaminan gadai (fidusia) kepada pihak ketiga tanpa sepengetahuan kreditur yang menyebabkan kerugian bagi pihak Clipan Finance. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penyelesaian hukum terhadap pengalihan objek fidusia kepada pihak ketiga dalam transaksi leasing mobil di Clipan Finance Bandar lampung? Bagaimana tinjuan hukum islam dan hukum positif tentang penyelesaian hukum pengalihan objek fidusia dalam transaksi leasing mobil di Clipan Finance? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelesaian hukum terhadap pengalihan objek fidusia kepada pihak ketiga dalam transaksi leasing mobil di Clipan Finance dan untuk mengetahui tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif terhadap penyelesaian hukum pengalihan objek fidusia dalam transaksi leasing mobil di Clipan Finance. Jenis penelitian ini adalah field reasearch artinya penelitian yang bertujuan mengumpulkan data dari lokasi atau lapangan yang penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Sifat penelitian ini adalah deskriptif analitik sehingga tertuju pada pemecahan masalah dengan fakta-fakta yang ada pada pengalihan objek jaminan fidusia dalam transaksi leasing mobil. Penelitian ini juga menggunakan metode pengumpulan data, observasi, wawancara dan studi pustaka. Dan metode analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang iii menghasilkan data berupa kata-kata, tulisan atau lisan dari orang�orang yang telah di wawancara. Adapun Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penyelesaian hukum terhadap pengalihan objek jaminan fidusia pada perusahaan multiguna Clipan Finance, yaitu pihak Clipan Finance terlebih dahulu melakukan pendekatan (persuasive) ke debitur. Setelah dipastikan terdapat pengalihan objek jaminan fidusia, maka pihak Clipan Finance memberikan surat peringatan yang berupa somasi 1 dan somasi 2. Penyelesaian hukum terhadap pengalihan objek fidusia pada perusahaan multiguna Clipan Finance belum sesuai dengan ketentuan Rahn Tasjily dikarenakan riba dan kezaliman. Riba yang terjadi pada pengalihan objek fidusia ini timbul karena debitur mengalami gagal atau telat bayar sehingga dikenai denda sebesar 0,4% per hari dan tentunya ketika debitur melakukan wanprestasi hal ini merugikan pihak kreditur yaitu Clipan Finance . Kata Kunci : Rahn Tasjily, Pengalihan Fidusia, Perusahaan Pembiayaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:39
Last Modified: 17 Oct 2023 04:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30737

Actions (login required)

View Item View Item