TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERATURAN MENTERI KETENAGAKERJAAN RI NOMOR 14 TAHUN 2020 TENTANG PEDOMAN PEMBERIAN BANTUAN PEMERINTAH BERUPA SUBSIDI GAJI/UPAHBAGI PEKERJA/BURUH DALAM PENANGANAN DAMPAK CORONA VIRUS DISEASE2019

SAPTA, SAPUTRA (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERATURAN MENTERI KETENAGAKERJAAN RI NOMOR 14 TAHUN 2020 TENTANG PEDOMAN PEMBERIAN BANTUAN PEMERINTAH BERUPA SUBSIDI GAJI/UPAHBAGI PEKERJA/BURUH DALAM PENANGANAN DAMPAK CORONA VIRUS DISEASE2019. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SAPTA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kondisi pandemi yang memberikan dampak kepada pekerja/buruh membuat kebutuhan mereka tidak dapat dipenuhi akibat di PHK sementara, sedangkan uang gaji bulanan tidak diperoleh selama mereka dirumahkan. Selain itu, kebutuhan hidup yang tidak dapat dipenuhi karena mereka dianggap sebagai pengangguran sementara yang tidak menghasilan penghasilan untuk kebutuhan hidupnya. Berdasarkan permasalah tersebut pemerintah mencoba meringangkan beban kebutuhan pekerja/buruh dengan bantuan subsidi yang dikeluarkan oleh Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah Bagi Pekerja/Buruh Dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap Pasal 4 Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah Bagi Pekerja/Buruh Dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019 sudah sesuai dengan fiqh siyasah karena sudah mencakup prinsip dari pemerintahan Islam sebagaimana yang dirumuskan Muhammad Tahrir Azhary ada sembilan (9) prinsip salah satunya adalah prinsip kesejahteraan? Jenis penelitian termasuk jenis penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan normatif yaitu pendekatan dari segi hukum yang berdasarkan peraturan pemerintah yang berlaku dengan menidentifikasikan dan mengkonsepsikan hukum sebagai norma, kaidah, peraturan yang berlaku pada suatu dan tempat sebagai produk dari suatu kekuasaan tertentu yang berdaulat. Hasil penelitian mengemukakan bahwa tinjauan hukum Islam terhadap Pasal 4 Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah Bagi Pekerja/Buruh Dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019 sudah sesuai dengan fiqh siyasah karena sudah mencakup prinsip dari pemerintahan Islam sebagaimana yang dirumuskan Muhammad Tahrir Azhary ada sembilan (9) prinsip salah satunya adalah prinsip kesejahteraan. Kata kunci : Hukum Islam, Bantuan Pemerintah, Subsidi Gaji, Corona Virus Disease 2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:30
Last Modified: 17 Oct 2023 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30735

Actions (login required)

View Item View Item